ArtikelHistoryPilihan

Ini Dia 7 Negeri Islam Terbesar dan Terpanjang Usianya

moslemjourney – Sebagai umat Muslim kita diwajibkan untuk mengetahui Sejarah Islam lalu mempelajari bagaimana Agama Islam berkembang dan perjuangan-perjuangan para Nabi kita untuk menegakkan perdamaian dan keluar dari jaman Jahiliyah. Kali ini Mojou akan membahas 7 Negeri Islam terbesar dan Terpanjang Usianya, berikut ulasannya :

  1. Khulafaur Rasyidin (30 tahun)

Foto : Wikipedia

Berdiri pada tahun 632-661 M, dan beribu kota di Madinah Al Munawwarah. Meskipun hanya berdiri selama 30 tahun,  Kekhalifahan Rasyidin adalah kekhalifahan yang berdiri setelah wafatnya Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa salam. Kekhalifahan ini terdiri atas empat khalifah pertama dalam sejarah Islam yaitu Abu Bakar Ash Shiddiq,Umar Bin Khattab, Utsman Bin Affan dan Ali Bin Abi Thalib.

  1. Negara Umayyah (91 tahun)

Beribukotakan Damaskus,Bani Umayyah atau Kekhalifahan Umayyah, adalah kekhalifahan Islam pertama setelah masa Khulafaur Rasyidin. Pemerintahan ini memerintah dari tahun 661 sampai 750 di Jazirah Arab dan sekitarnya. Jika dilhat dari segi cara hidup, para khalifah Dinasti Umayyah telah meninggalkan pola dan cara hidup Nabi Muhammad SAW dan al-Khulafa’ ar-Rasyidun.

Baca Juga : Keindahan Gunung Es Greenland yang Akan Segera Hilang

  1. Negara Umayyah II (275 tahun)

Foto : Alif.id

Terbentuk pada tahun 756 sampai 1031 M, Negara Umayyah II memiliki masyarakat yang beragam secara etnis, budaya, dan agama. Wilayah kekhalifahan ini pun cukup luas karena sampai ke Cordoba, Spanyol sehingga pada kekhalifahan ini memiliki ibukota di Cordoba.

  1. Negara Abbasiyah (764 tahun)

Foto : Wikipedia

Kekhalifan ini merupakan kekhalifahan terlama dibandingkan yang lainnya,berdiri sejak tahun 750 hingga 1258 M kemudian berlanjut pada tahun 1261 hingga 1517. Abbasiyah adalah kekhalifahan kedua islam yang memimpin Baghdad (sekarang ibu kota Irak). Pada khekalifan ini berkembang pesat dan menjadikan dunia Islam sebagai pusat pengetahuan dunia.

  1. Negara Mamalik (267 tahun)

Foto : Tarbiyah PAI

Nama Mamalik sendiri merupakan kata jamak dari Mamluk yang memiliki arti budak. Pada awalnya mereka adalah para budak di Kekhalifahan Abbasiyah. Sejak tahun 850 M, para khalifah Abbasiyah mengambil dan membawa para pemuda non-Muslim sebagai budak dan mendidik mereka menjadi tentara Muslim Sunni dalam pasukan budak. Memiliki ibukota di Kairo negara ini sudah berdiri dari tahun 1250 hingga 1517 M.

  1. Negara Ghaznawiyah (209 tahun)

Foto : Wikipedia

Negara ini memiliki ibukota di Ghazna dan Lahore (Asia Selatan). Diantara tahun kekuasaanya negara Ghaznawiyah berhasil berada di puncak kejayaannya dan memimpin sebagian besar Iran,Transoxiana, dan India Utara. Negara ini adalah suatu dinasti Muslim etnis Turki.

Baca Juga : 5 Negara Asia dengan Penduduk Beragama Islam Terbanyak.

  1. Negara Utsmaniyah (625 tahun)

Kekhalifahan ini merupakan khalifah yang terakhir dengan kurun waktu dari tahun 1299 sampai 1924. Kejayaan Islam di Eropa sendiri  ditandai dengan berkembangnya kedaulatan Khalifah Utsmani yang selama berabad-abad telah berhasil mengibarkan  pengaruhnya di Eropa Timur, Balkan, dan Mediterania. Ibukota nya adalah Sogut, Bursa, Adrianopel, Konstatinopel. Negara ini berdiri di lintas benua yang didirikan oleh suku-suku Turki di bawah pimpinanOsman Bey di Barat laut Anatolia pada tahun 1299.

Itu dia 7 Negeri Islam terbesar dan terpanjang usianya sepanjang sejarah, jadi  menurut sobat Mojou mana nih yang paling keren setelah Khulafaur Rasyidin ? (ms)



0

Comment here