ArtikelDestinasiJournal

Ini Dia 5 Rekomendasi Destinasi Wisata Di Madinah

moslemjourney.com— Selain tanah suci Mekkah, destinasi yang paling sering dikunjungi saat sedang melaksanakan ibadah haji dan umroh adalah Madinah. Madinah adalah sebuah kota di Hejaz sekaligus ibu kota bagi provinsi Al-Madinah di Arab Saudi. Nah, untuk destinasinya sendiri juga beragam kok, Sobat Mojou! Penasaran? Ini dia ulasannya!

  1. Jabal Uhud 

Jabal Uhud adalah gunung yang terletak di Utara Madinah. Saat melihatnya, kalian pasti sadar jika gunung ini tidak tersambung dengan gunung lainnya. 

Maka dari itu, namanya adalah nama Jabal Uhud diberikan yang berarti gunung yang menyendiri. Jabal Uhud juga bukan gunung biasa lho, Sobat Mojou. 

Pada 15 Syawal 3 Hijrah atau Maret 625 Masehi terjadi sebuah perang antara kaum Muslimin yang dipimpin oleh Rasullulah SAW dan musyrikin Quraisy dari Makkah. Nama perang itu adalah Perang Uhud. Sebenarnya perang itu bisa saja dimenangkan oleh kaum Muslimin. 

Namun para pemanah yang berada di atas Gunung Arrimah tergoda dengan harta yang ditinggalkan kaum Quraisy. Kesempatan itu akhirnya diambil oleh kaum Quraisy untuk menghabisi kaum Muslimin. 

Kaum Muslimin akhirnya mengalami kekalahan yang telak. Saat ini, gunung setinggi 1.050 dapat kamu kunjungi. Terdapat juga tempat yang dijaga rapat yang lain tak bukan adalah makam 70 sahabat Rasullulah SAW yang gugur pada Perang Uhud. 

  1. Masjid Nabawi

Ini dia destinasi utama Madinah. Masjid yang didirikan langsung oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ini merupakan tempat suci setelah Masjidil Haram di Mekkah. Bangunan dengan luas 400.00 ini mampu menampung hingga 1 juta jemaah. Selain untuk melaksanakan sholat, kamu juga bisa berziarah ke makam Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. 

Tapi ada hal yang harus diperhatikan, Sobat Mojou. Jangan sampai niatmu hanya untuk berziarah di makam ya! Harus niat untuk beribadah di Masjid Nabawi. Oya, kalau kamu perhatikan di luar Masjid Nabawi, pasti kamu akan melihat payung-payung putih besar, kan? 

Ternyata payung-payung itu masuk ke dalam sebuah proyek bernama proyek Medina yang melibatkan berbagai pihak termasuk arsitek SL-Rasch, Menteri Perekonomian Arab Saudi juga pihak luar seperti pabrik payung Jerman, Liebherr dan perusahaan Jepang, Taiyo Kogyo.

  1. Masjid Khadaq

Masjid yang berarti parit ini ternyata menyimpan sebuah sejarah yang panjang. Masjid ini dibangun untuk menghormati para syuhada yang gugur saat perang Khandaq. Sebelum memulai perang, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabat membuat membuat pertahanan dari bangsa Yahudi.

Parit sepanjang 5,5 kilometer dengan kedalaman 3,2 meter dan lebar 4,6 meter ini akhirnya rampung dalam waktu 90 hari. Di sana juga dibangun 7 pos yang digunakan sebagai tempat sholat para sahabat. 

Untuk menghormati pengorbanan mereka,, maka dibangunlah 7 masjid dengan nama Masjid Al-Fath, Masjid Salman Al-Farisi, Masjid Abu Bakar Ash-Shiddiq, Masjid Umar bin Khattab, Masjid Utsman bin Affan, Masjid Ali bin Abi Thalib, dan Masjid Fathimah Az-Zahra. Namun saat ini hanya tersisa 5 masjid yang disebut juga sebagai Masjid Khadaq.

Baca Juga : Ini Dia 7 Negeri Islam Terbesar dan Terpanjang Usianya

  1. Jalur Kereta Api Hijaz

Jalur kereta api Hijaz membentang dari Damaskus (Suriah), Amman (Yordania) sampai ke Madinah (Arab Saudi). Jalur kereta ini dibuat awalnya untuk memperpanjang jalur dari Terminal Haydarpaşa di Kadikoy di luar Damaskus ke kota suci Mekah. 

Namun pembangunan sempat terganggu karena perang Dunia I. Pembangunan lalu selesai dengan panjang rel 1.300 kilometer yang berakhir di Madinah. 

Saat ini, kamu hanya bisa melihat sisa sisa bengunan stasiun, bengkel, menara dan pompa air serta benteng-benteng yang dibangun pada masa pemerintahan Usmaniyah. Kecuali di Damaskus dan Amman yang masih digunakan untuk wisata dan transportasi terbatas.

  1. Al-Noor Mall

Tahu deh kalau soal belanja, orang Indonesia pasti langsung semangat. Nah, kamu bisa banget datang ke Al-Noor Mall, yaitu sebuah pusat perbelanjaan di Madinah. 

Selain bisa berbelanja merek-merek internasional seperti GAP, ZARA, Stradivarius, Mango dan lainnya, mall yang terletak di King Abdullah juga menyediakan oleh – oleh khas Timur Tengah. Salah satunya adalah kurma. 

Ini dia 5 destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi saat berada di Madinah. Banyak juga, kan ternyata? Jangan lupa share dan tulis di kolom komentar destinasi apa lagi yang belum ditulis di sini. Selamat liburan. (ans)

Baca Juga : Larangan Keras Melewati Orang Yang Sedang Sholat

Comment here