BeritaNasional

Informasi Terkini Virus Corona Indonesia (18 Maret 2020)

Ilustrasi Virus Corona - Moslem Journey

Moslem Journey – Pemerintah Indonesia kembali memberikan informasi terkini virus corona yang terjadi di Indonesia, Rabu (18/3).

Achmad Yurianto, Juru Bicara Penanganan virus corona, mengatakan, saat ini Indonesia sudah tercatat memiliki kasus virus corona sebanyak 227 kasus.

“Data 17-18 Maret ada penambahan 55 kasus, sehingga total keseluruhannya menjadi 227 kasus positif,” kata Yuri yang dikutip dari Kumparan.

Menurut dia, sejak Senin (16/3) sore hingga malam hari jumlah kasus virus corona  di Indonesia bertambah sebanyak 12 kasus.

Dua hari yang lalu, Minggu (15/3), jumlah kasus virus corona masih sejumlah 146 kasus. Kemudian bertambah 26 kasus dari hasil pemeriksaan spesimen yang dilakukan di Balitbang Kesehatan dan Universitas Airlangga.

Penambahan kasus tersebut berasal dari empat wilayah, yakni DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Kepulauan Riau.

Sebelumnya, pasien-pasien dikonfirmasi berasal dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Bali, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, dan Banten.

Yuri mengatakan, hingga saat ini pemerintah sudah menemukan lebih dari 1.000 spesimen terkait virus corona yang telah diperiksa.

11 Pasien Positif Virus Corona Dinyatakan Sembuh

Sebelumnya, kasus virus corona di Indonesia sebanyak 172 kasus, sudah dikonfirmasi sembilan orang pasien dinyatakan sembuh.

Pasien yang dinyatakan sembuh tersebut yakni tiga pasien pertama, pasien kasus ke enam, pasien kasus ke 14, dan pasien kasus ke 19.

Yuri menambahkan, pada 14-18 Maret pasien kasus virus corona sembuh bertambah sebanyak lima pasien, sehingga total pasien sembuh menjadi 11 orang.

Menurut Yuri, para pasien yang telah sembuh telah diperiksa selama dua kali dan dari tes di laboratorium dinyatakan negatif virus corona.

Pasien sembuh dilaporkan tidak lagi mengalami keluhan fisik dari gejala virus corona, seperti demam, batuk, atau gangguan pernapasan lainnya.

Kasus Corona Memakan Korban Jiwa Sebanyak 19 Orang

Selain pasien dinyatakan sembuh, ada 19 orang dilaporkan meninggal dunia di Indonesia akibat virus corona. Kasus kematian pertama dialami oleh pasien kasus ke 25, 35, 36, dan 50.

Kemudian pada Sabtu (14/3) sore, lima orang meninggal dunia. Pada 15-18 Maret bertambah sembilan orang, sehingga total terakhir saat ini ada 19 orang.

Berikut ini rincian 55 penambahan pasien positif virus corona per provinsi, Selasa (18/3) yang dijelaskan Yuri:
  1. Banten: 4 kasus positif
  2. DI Yogyakarta: 1 kasus positif
  3. DKI Jakarta: 30 kasus positif
  4. Jawa Barat: 12 kasus positif
  5. Jawa Tengah: 2 kasus positif
  6. Sumatera Utara: 1 kasus positif
  7. Lampung: 1 kasus positif
  8. Riau: 1 kasus positif
  9. Kalimantan Timur: 1 kasus positif
Selain itu, Yuri juga menjelaskan penambahan jumlah kasus pasien yang sembuh menjadi 11 orang. Berikut rinciannya:
  1. Banten: 1 pasien sembuh
  2. DKI Jakarta: 9 pasien sembuh
  3. Jawa Barat: 1 pasien sembuh
Kemudian, kasus pasien yang meninggal bertambah menjadi 19 kasus. Berikut rinciannya:
  1. Bali: 1 pasien meninggal
  2. Banten: 1 pasien meninggal
  3. DKI Jakarta: 12 pasien meninggal
  4. Jawa Barat: 1 pasien meninggal
  5. Jawa Tengah: 2 pasien meninggal
  6. Jatim: 1 pasien meninggal
  7. Sumatera Utara: 1 pasien meninggal

Comment here