BeritaNasional

Indonesia Bersiap Tatanan Hidup Baru, Begini Langkah Aman Menggunakan Ojol Dan Tranportasi Umum

Tatanan Hidup Baru

Moslem Journey – Beberapa wilayah di Indonesia melonggarkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan bersiap menghadapi tatanan hidup baru (new normal). Degan adanya tatanan hidup baru ini, masyarakat sudah dapat memulai sosial ekonomi secara bertahap.

Misalnya, di wilayah DKI Jakarta yang mulai melonggarkan kebijakan PSSB sebelumnya dan mengubahnya menjadi PSBB transisi. Sehingga, membuat banyak orang yang awalnya melakukan berbagai kegiatannya hanya di dalam rumah, kini kembali ke luar rumah untuk bekerja atau melakukan kegiatan lainnya untuk sebagian orang.

Dalam kegiatan tersebut, apabila tidak memiliki kendaraan pribadi masyarakat akan menggunakan transportasi umum, seperti kereta api, bus, dan ojek online (ojol). Untuk membuat masyarakat aman dari virus corona dalam menggunakan transportasi umum, pemerintah telah menetapkan aturan dalam menggunakan transportasi umum.

Salah satu aturannya, ialah memberikan batasan maksimal dari total kursi yang dimiliki transportasi umum dalam mengangkut masyarakat. Meskipun demikian, masyarakat juga harus tetap berhati-hati dan menerapkan protokol kesehatan pencegahan virus corona.

Seperti yang dilansir dari media online Kompas, Epidemiolog Universitas Gaja Mada Dr. Bayu Satria Wiratama memberikan langkah aman dan hal-hal yang perlu dilakukan saat memilih menyewa ojek online maupun menggunakan transportasi umum.

Tips Saat Naik Transportasi Umum

  1. Pastikan kondisi badan dalam keadaan sehat (tidak memiliki gelaja terpapar virus corona, seperti panas tinggi, nyeri tenggorokan, batu kering, sesak, dan gejala lainnya)
  2. Menggunakan masker bedah atau kain yang baik dengan benar saat berkegiatan di luar rumah.
  3. Selalu bawa hand sanitizer beralkohol 70 persen saat keluar rumah dan gunakan hand sanitizer ini untuk membersihkan angan sebelum dan sesudah naik transportasi umum.
  4. Jaga jarak aman (physical distancing) minimal 1,5 meter saat  menggunakan maupun di dalam transportasi umum. Apabila tidak bisa, maka jaga jarak semaksimal mungkin dengan orang lain/menjauh dari keramaian saat menunggu transportasi umum.
  5. Hindari menggunakan/memengang tiang dan pegangan transportasi umum selama perajalaan serta hindari berpindah-pindah lokasi tempat duduk atau lokasi saat berdiri.
  6. Saat ada pengguna lain di dalam transportasi umum yang tidak menggunakan masker, selalu ingatkan pengguna tersebut agar menggunakan masker.
  7. Biasakan/hindari berbicara dengan orang lain saat di dalam transportasi umum.

Bayu juga mengingatkan, saat kondisi badan tidak sedang sehat diwajibkan untuk tidak menggunakan transportasi umum dan tetap berada di rumah untuk beristirahat. Selain itu, penggunaan hand sanitizer jangan terlalu sering digunakan, lebih baik membersihkan tangan menggunaan sabun dengan air yang mengalir.

Hindari berdesak-desakan dengan orang lain di dalam transportasi umum, dengan cara memperhatikan waktu menggunakan transportasi umum. Selain itu, gunakan kacamata untuk menghindari kontak tangan ke mata atau masuknya virus masuk ke dalam mata.

Tips Saat Naik Ojek Online 

Sementara itu, berikut ini dapat menjadi langkah aman dari virus corona yang dapat diterapkan saat menggunakan ojek online:

  1. Menggunakan helm pribadi.
  2. Membersihkan tangan sebelum dan sesudah naik motor ojek online.
  3. Menghindari berbicara/mendekati wajah dengan belakang pengemudi ojek online.

Comment here