JournalTips

Ikuti Tata Cara Ini Untuk Kalian Yang Baru Pertama Kali Naik Pesawat Terbang

Ilustrasi Bandara Pertama Kali Naik Pesawat- Moslem Journey

Moslem Journey – Bagi kalian yang baru pertama kali naik pesawat, pastinya akan bingung dengan prosedur yang dimiliki moda transportasi ini. Sebab, prosedur naik pesawat terbang memiliki prosedur berbeda dan peraturan yang ketat berbeda dengan moda transportasi lainnya.

Ada banyak tahapan yang perlu pengguna baru ketahui, mulai dari apa saja yang perlu disiapkan serta diketahui sebelum naik pesawat hingga naik ke dalam kabin. Berikut ini langkah-langkah yang perlu kalian ketahui untuk pertama kali naik pesawat.

1.  Persiapan Sebelum Waktu Keberangkatan Tiba

Pada langkah ini, kalian perlu memesan tiket pesawat, lihat ketentuan bagasi pesawat, dan pastikan lokasi terminal keberangkatan di bandara.

  • Memesan Tiket Pesawat

Pemesanan tiket merupakan persiapan utama utama untuk naik pesawat. Kalian dapat memesan tiket pesawat di website resmi maskapai penerbangan langsung maupun Travel Agent yang kalian percayai baik dari offline ataupun online.

  • Cari Tahu Ketentuan Berat Maksimal Bagasi Pesawat

Mengetahui berat maksimal bagasi merupakan hal penting lain yang perlu kalian ketahui. Hal ini penting diketahui untuk menghindari kewajiban membayar ekstra akibat kelebihan berat maksimal yang ditentukan. Perlu diketahui kalau di setiap maskapai dan kelas pesawat memiliki ketentuannya yang berbeda-beda.

Selain itu jangan membawa barang bawaan yang dilarang masuk ke bandara maupun pesawat, supaya tidak mengganggu keselamatan dan kenyamanan diri sendiri serta orang lain. Jangan biarkan ketidaktahuan berakibat batalnya penerbangan kalian.

  • Mengetahui Lokasi Terminal Keberangkatan Di Bandara

Untuk mengetahui lokasi terminal keberangkatan, kalian dapat melihatnya di tiket yang kalian beli sebelumnya. Namun, kalian tidak perlu khawatir untuk menemukan terminal di bandara kecil karena hanya ada satu terminal keberangkatan dan kepergian. Apabila kalian berangkat dari bandara besar, perlu waktu yang lebih banyak menemukannya.

2.  Saat Hari Keberangkatan

Setelah persiapan sudah dilakukan dengan baik, saat hari keberangkatan datanglah dua/satu jam ke bandara lebih awal supaya menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Jangan lupa untuk membawa identitas diri, seperti KTP, SIM, atau paspor untuk keperluan check-in.

  • Melakukan Check-In

Check-in merupakan proses konfirmasi penumpang oleh petugas bandara sebelum naik ke dalam kabin pesawat. Seperti yang diberitahu sebelumnya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kalian diharapkan untuk datang dua/satu jam sebelum jam keberangkatan.

Tunjukkan identitas diri beserta tiket yang kalian dapatkan dari maskapai atau travel agent kepada petugas untuk melakukan proses check-in. Lakukan check-in dan  daftarkan barang bawaan kalian ke bagasi maskapai apabila ada, bawalah barang-barang penting dan berharga ke dalam kabin pesawat.

  • Melakukan Boarding

Setelah melakukan check-in, kalian akan diarahkan untuk boarding atau jarak waktu yang digunakan penumpang untuk menunggu memasuki pesawat. Umumnya, boarding dilakukan selama 30 menit sebelum pesawat take off (lepas landas).

Namun masing-masing maskapai memiliki kebijakan waktu yang berbeda-beda, biasanya apabila terlambat kalian tidak diizinkan untuk menaiki pesawat. Perhatikan boarding pass yang kalian dapatkan setelah melakukan check-in, karena di boarding pass tersebut tertera informasi nomor gate (pintu) masuk tempat kalian menunggu.

Dalam boarding pass juga tertera nomor duduk di pesawat serta waktu pesawat melakukan take off. Ketika sudah diperbolehkan naik pesawat, kalian perlu memperhatikan pengumuman dan instruksi yang diberikan petugas yang diberikan petugas kabin pesawat.

3.  Ketika Sampai Di Bandara Tujuan

Setelah sampai di bandara tujuan dan pesawat sudah mendarat, tunggu tanda mengenakan sabuk pengaman sudah dimatikan oleh pihak kabin pesawat. Kalian tidak perlu terburu-buru untuk turun, karena masih harus mengantre dengan penumpang lainnya. Cek kembali tempat duduk kalian, jangan sampai ada barang yang tertinggal di dalam pesawat.

Selain itu, jangan menyalakan handphone sebelum masuk ke gedung bandara. Karena sinyal handphone dapat mengganggu komunikasi antara pilot dengan petugas pengatur lalu lintas udara di bandara. Biasanya petugas kabin pesawat akan meminta penumpang yang ingin turun dari pesawat untuk menyalakan handphone apabila sudah di dalam gedung bandara.

Jangan lupa untuk mengambil tas atau barang-barang bawaan kalian titipkan di bagasi pesawat. Kalian dapat mengambilnya di baggage claim (pengambilan bagasi) dengan menyesuaikan nomor penerbangan atau kota asal kalian.

Ingat kembali jumlah tas dan bentuk dari barang yang kalian bawa dari awal, apabila lupa dengan jumlah dan barang bawaan tersebut. Kalian dapat menyesuaikan dengan nomor yang tertera di boarding pass yang kalian miliki.

Comment here