JournalKesehatan

Health Alert Card, Upaya Pemerintah Cegah Virus Corona

Moslemjourney.com – Penyebaran virus corona akhir-akhir ini memang meresahkan ya Sobat Mojou. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi penyebaran virus tersebut, beberapa negara membatasi masuknya turis masuk asal China.

Di Indonesia sendiri, pemerintah telah mengupayakan beberapa cara sebagai langkah mencegah masuknya virus corona. Diantaranya adalah dengan pengadaan thermal scanner di pintu masuk negara seperti di Bandara. Thermal scanner merupakan alat untuk mendeteksi suhu tubuh manusia.

Jadi, thermal scanner bisa digunakan agar bisa mendeteksi tubuh yang terjangkit virus corona. Pada umumnya, pengecekan suhu tubuh dilakukan setelah penumpang turun dari pesawat.

Namun, pihak Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Indonesia melakukan pengecekan sebelum penumpang turun. Hal tersebut merupakan upaya pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corona.

Selain menggunakan thermal scanner, Kemenkes juga memberikan health alert card kepada setiap penumpang di pintu kedatangan bandara.

Lantas, apa sih Health Alert Card itu?

Health alert card adalah sebuah kartu yang diberikan kepada tersangka penderita penyakit karantina dan atau mempunyai riwayat kontak dengan penderita dengan maksud bila orang tersebut menderita atau menunjukkan gejala atau tanda penyakit karantina, maka akan mudah dilakukan tindakan kekarantinaan.

Kartu tersebut diberikan kepada setiap penumpang di pintu kedatangan merupakan standar yang sudah berlaku secara internasional.

Oh iya, health alert card juga tidak hanya diberikan saat wabah virus corona sedang menyebar saja, melainkan juga diberikan saat perjalanan umroh maupun haji.

Lebih lanjut, dalam kartu tersebut disebutkan bahwa apabila dalam 14 hari sejak kedatangan ke Indonesia manakala sakit, atau merasakan panas dan gejala influenza maka Kementerian Kesehatan mengimbau mereka yang memegang Health Alert Card untuk ke rumah sakit atau puskesmas dan menunjukkan kartunya.

Singkatnya, kartu ini berfungsi untuk mengontrol turis serta berfungsi untuk pemantauan kesehatan berkala. Sehingga pemantauan virus corona bisa semakin optimal.

 

Itulah penjelasan mengenai Health Alert Card Sobat Mojou. Apakah sudah jelas? Yuk lihat artikel menarik lain seputar traveling hanya di Moslemjourney.com

Comment here