ArtikelPilihan

Hati-hati! Simpan Daging Qurbanmu dengan Benar. Begini Caranya…

Pada moment hari raya Idul Adha, pasti kamu punya banyak daging yang melimpah. Beberapa orang dengan mudah menyimpan daging di dalam freezer. Namun tahukah kamu? Begini cara menyimpan daging qurban yang benar agar tetap terjaga kualitasnya. Menurut Nanung Danar Dono,  Ph.D daging qurban bisa disimpan dan tahan lama lebih dari 1 tahun dalam freezer.

Tips-tips Menyimpan Daging Qurban dengan Benar:

https://www.suara.com/health/2019/08/08/062500/jelang-idul-adha-mencuci-daging-mentah-tidak-melindungi-anda-dari-penyakit

1. Jangan cuci daging qurban sebelum disimpan. Maka kuman-kuman yang terkandung bisa masuk dan tinggal di dalam pori-pori daging. Hal Itu bisa merusak kualitas daging. Untuk mencuci daging sendiri ada saatnya ketika daging akan dimasak. Jika terdapat bagian daging yang kotor seperti terkena tanah atau kotoran hewan, maka bagian tersebut dicuci dan langsung dimasak. Untuk bagian yang masih bersih, bisa kamu simpan untuk diolah atau dimasak lain waktu.

2. Jika dapat daging yang kamu peroleh begitu melimpah, jangan menyimpan daging utuh seberat 2-4 kg di dalam freezer. Potong-potong terlebih dahulu hingga daging berukuran lebih kecil, lalu simpan di dalam plastik-plastik berukuran 1/2 kg atau 1 kg. Jika ingin dimasak, ambil satu kantong kecil, biarkan yg lain tetap beku di dalam freezer. Insya Allah, daging akan awet bahkan sampai 1 tahun lebih.

rayyasetiadipurba.blogspot.com/2017/10/menyimpan-daging-

3. Saat menyimpan daging dalam plastik bening, buat udara yang ada di dalam plastik sesedikit mungkin. Dengan cara menggunakan ember yang diisi air bersih. Masukkan daging di dalam kantong plastik, lalu turunkan kantong daging tersebut pelan-pelan ke dalam air. Tekan udara dalam plastik dan perlahan udara yang ada di dalam kantong plastik akan keluar. Setelah udara di dalam kantong plastik habis, segera plastik diikat atau dibundeli.

https://www.masakapahariini.com/inspirasi-dapur/menyimpan-daging-di-kulkas/

4. Sebelum daging disimpan di dalam freezer, simpan daging sementara di dalam kulkas yg sejuk selama 16-18 jam (sehari semalam). Setelah semua bagian dingin, baru masukkan ke dalam freezer.

periwanita.blogspot.com/2015/11/wajib-baca-waspada-jangan-cairkan

5. Jika daging yang kamu masak menjadi beku, jangan mencairkan es daging atau daging beku menggunakan air panas. Cara yg benar adalah letakkan daging beku tersebut di bawah air kran suhu normal (dalam keadaan daging masih terbungkus rapat dalam plastik). Jika dirasa daging sudah empuk. Plastik bisa dibuka, kemudian dicuci daging hingga bersih, tuntaskan dan masak.

6. Jika masaknya besok, daging pada waktu sore dalam freezer akan beku. Maka dengan begitu kamu harus pindahkan ke dalam kulkas. InsyaAllah dengan begitu daging akan empuk dan bisa di kembali dimasak.

Demikian tips-tips menyimpan daging qurban yang benar. Kualitas daging bisa tetap fresh dan higienis. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Comment here