BeritaNasional

Hati-Hati Cuaca Panas! Badan Mudah Lemas dan Mengantuk

moslemjourney.com – Hingga akhir bulan Oktober 2019, Indonesia masih dilanda panas yang sangat terik pada siang hari. Dengan panasnya terik matahari, akan membuat kalian merasa lebih mudah lemas dan mengantuk. Hal ini disebabkan karena tubuh sedang bekerja keras untuk menjaga suhu tetap normal.

Dengan bekerja kerasnya tubuh menjaga suhu tetap normal, sehingga tenaga keserap untuk mendinginkan suhu tersebut. Beberapa hal yang dilakukan tubuh untuk membuat suhu tetap normal adalah melebarkan pembuluh darah dengan bertujuan untuk memungkinkan lebih banyak mengalirkan darah ke dekat permukaan kulit.

Sehingga darah yang hangat menjadi dingin dengan cara melepaskan panas saat bergerak di dekat kulit. Selain itu, tubuh juga mengeluarkan keringat yang dapat mendiginkan kulit ketika menguap. Akibatnya detaj jantung dan laju metabolism akan meningkat.

Baca juga: Fakta Menarik Dan Unik Seputar Minum Air Putih Yang Belum Diketahui Banyak Orang

Selain membuat badan mudah lemas dan mengantuk, teriknya panas matahari juga dapat membuat kalian dehidrasi, perubahan pigmen, keriput, dan kulit kering. Kulit yang terbakar menyebabkan merusak kemampuan tubuh untuk mengatur suhu. Tubuh yang terbakar juga dapat mengalihkan cairan tubuh kea rah luka bakar dalam menyembuhkan kulit.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Cuaca Panas

Cara mengatasi panas matahari jika kalian dehidrasi, dengan cara minum air putih dan memakan cemilan yang memiliki rasa asin. Kalian juga perlu mengetahui gejala-gejala kelelahan akibat panas yang perlu diperhatikan, yaitu berkeringat banyak, denyut nadi cepat, mengantuk atau merasa ingin pingsan.

Salah satu hal yang paling fatal ketika terlalu lama terkena teriknya matahari adalah heat stroke atau kondisi serius dimana suhu tubuh mencapai 40 derajat Celsius atau lebih. Bagi kalian yang mengalami heat stroke akan memerlukan perawatan yang darurat karena dapat menyebabkan kerusakan pada otak, jantung, ginjal, dan otot.

Baca juga: Buah Dan Sayur Alternatif Pengganti Air Putih Yang Menggandung Banyak Cairan Untuk Tubuh

Gejala lain yang mungkin kalian dapatkan ketika heat stroke adalah bicara cadel, kejang, hingga koma. Jadi saat panas matahari melanda, kalian perlu menjaga diri kesehatan dan memperbanyak volume minum. Supaya terhindari dari dampak cuaca panas yang sedang melanda saat ini.

(IF)

Comment here