ArtikelJournalTransportasi

Harus Tahu Nih, Beberapa Benda Yang Tidak Boleh Dibawa ke Pesawat

moslemjourney.com – Transportasi udara, pesawat terbang memiliki angka kecelakaan yang rendah dibandingkan dengan transportasi jenis lainnya. Rendahnya angka kecelakaan ini dikarenakan pesawat terbang memiliki ketatnya peraturan dan prosedur keamanan yang harus dipatuhi oleh penumpang.

Biasanya, peraturan yang dibuat untuk mencegah terjadinya kecelakaan pada pesawat terbang. Biasanya, peraturan tersebut ada pembatasan atau larangan benda yang masuk ke dalam kabin pesawat terbang. Bagi beberapa penumpang, ada beberapa yang tidak tahu benda yang tidak boleh di bawah ke dalam pesawat. Berikut benda-benda yang dilarang masuk kedalam pesawat:

1. Cairan Lebih Dari 100 milimeter

Dilarangnya membawa cairan lebih dari 100 milimeter per kemasan menyesuaikan dari International Civil Aviation Organization (ICAO), untuk melindungi ketidaknyaman penumpang lain. Seperti perawatan komestik yang berbentuk cairan, sabun, sampo, dan peralatan mandi lainnya (termasuk parfum). Namun, bagi penumpang yang membawa bayi dan sedang sakit diperbolehkan untuk membawa makanan bayinya dan obat-obatan selama penerbangan.

2. Segala Bentuk Senjata (Tajam, Api, dan Bahan Peledak)

Berbagai jenis bentuk senjata memang sudah lama dilarang dibawa masuk ke dalam pesawat terbang, karena dapat berpotensi membahayakan penumpang lainnya. Termasuk beberapa peralatan untuk kecantikan (beauty kit), seperti pin set, jarum pentul, gunting kecil, gunting kuku, dan benda lainnya yang mungkin biasa di simpan dalam tas. Supaya aman dari pengecekan dan di sita dari petugas, sebaiknya letakkan beauty kit di dalam koper.

Baca juga: MackBook Pro Dilarang Masuk Bagasi Oleh Maskapai

3. Benda-Benda Berbahan Gas

Sama seperti benda cair, benda-benda yang berbahan gas juga dilarang untuk masuk ke dalam pesawat terbang. Setiap penumpang juga diharuskan untuk menghindari benda-benda yang berbahan gas, seperti parfum, hair sprayspray deodoran, gel rambut, pasta gigi, dan sebagainya.

4. Alat Tumpul Yang Dapat Menyebabkan Potensi Cedera

Tidak seperti benda-benda tajam yang memiliki potensi besar membahayakan penumpang lain, benda tumpul juga berpotensi untuk membahayakan penumpang lain. Seperti, pemukul baseball, tongkat bilyar, dayung, pentungan, tongkat golf, kail pancing, skateboard, dan berbagai perlengkapan bela diri, dan sebagainya. Memang tampak sedikit merepotkan, namun tanpa disengaja benda tumpul ini dapat mencederai dan memuat was-was serta mengurangi kenyamanan penumpang lain.

5. Benda Berbau Tajam dan Produk Hewani

Kabin pesawat terbang merupakan tempat tertutup rapat bersama banyak orang, maka sebaiknya hindari untuk membawa bara-barang beraroma tajam agar tidak mengganggu penumpang lain. Dalam hal ini, buah durian dan nangka termasuk kedalam hal ini, karena bau yang dimiliki buah tersebut sangat menyengat. Selain itu, dilarang juga untuk membawa produk hewani, seperti daging, susu, keju dan lainnya, karena berpotensi menyimpan bakteri pathogenic yang bisa mengganggu kesehatan.

6. Power Bank

Larangan untuk membawa power bank merupakan peraturan yang baru saja dikeluarkan di tahun 2018. Karena pernah ada insiden power bank meledak dalam pesawat maskapai Royal Brunei Airlines. Memang tidak menimbulkan kebakaran besar atau berakibat fatal, namun perjalanan ini dapat mengganggu kenyamanan penumpang lain.

Baca juga: Keren ! 8 Bandara Terindah di Dunia, China Juaranya

Nah, sudah tahukan benda-benda yang dilarang masuk ke dalam pesawat terbang. Meskipun terkesan merepotkan, namun  peraturan ini dibuat untuk mendapatkan kenyamanan dan keamanan dalam melakukan penerbangan dengan pesawat terbang.



Comment here