ArtikelJournal

Hanya Orang-Orang Ini yang Boleh Masuk Indonesia

moslemjourney.com – Berbicara tentang Indonesia, tentunya kalian sobat Mojou harus bangga dong menjadi warga negara Indonesia. Karena Indonesia sendiri sudah banyak yang  mengenal, termasuk budaya dan pariwisatanya. Meskipun belum terlalu maju namun ternyata banyak juga loh warga negara asing yang berwisata atau menetap di Indonesia.

Tapi tahukah kalian bahwa ternyata tidak semua orang bisa masuk ke Indonesia loh, bahkan ada aturan kunjungan turis asing untuk masuk ke Indonesia. Kalian belum tahu kan ? Nah teryata Indonesia sendiri memiliki pasal yang mengatur syarat orang asing masuk wilayah Indonesia. Disebutkan pada Pasal 3 Peraturan Pemerintah RI No. 31 tahun 2013 Tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang No. 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian (PP tentang Imigrasi) yang menyebutkan  Setiap Orang Asing yang masuk Wilayah Indonesia harus memenuhi persyaratan berikut :

  1. Memiliki Visa yang sah dan masih berlaku, kecuali yang dibebaskan dari kewajiban memiliki Visa.
  2. Memiliki Dokumen Perjalanan yang sah dan masih berlaku.
  3. Tidak termasuk dalam daftar penangkalan.

Untuk orang asing yang dibebaskan dari kewajiban memiliki visa, selain harus memenuhi  persyaratan sebagaimana dimakasudkan di dalam Pasal 3 no 2 dan 3 di atas, juga harus mempunyai tiket kembali atau tiket terusan ke negara lain.

Baca Juga : Kelebihan E-Paspor Dibandingkan Paspor Non-Elektronik Biasa

Sedangkan untuk orang asing pemilik Izin Tinggal terbatas atau Izin Tinggal tetap, selain harus memenuhi persyaratan sebagaimana dimaksudkan dalam Pasal 3 no 2 dan 3 di atas, juga harus memiliki Izin Masuk Kembali ke Wilayah Indonesia yang sah dan masih berlaku.

Adapun Syarat orang asing keluar wilayah Indonesia  menurut Pasal 6 PP tentang Imigrasi, menyebutkan setiap orang asing yang keluar wilayah Indonesia harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  1. Memiliki dokumen perjalanan yang sah dan masih berlaku
  2. Tidak termasuk dalam daftar penangkalan
  3. Telah memiliki tanda naik Alat angkut, kecuali bagi orang asing pelintas batas tradisional
  4. Memiliki izin keluar bagi orang asing yang dikenai Tindakan Administratif Keimigrasian.

Sehingga bisa dikatakan bahwa warga negara asing yang memenuhi syarat bisa masuk ke negara Indonesia. Namun Direktur Pencegahan dan Penindakan Imigrasi Kemenkumham Yurod Saleh pernah mengatakan bahwasannya warga negara asing yang boleh memasuki Indonesia ialah warga negara asing yang hanya ada manfaatnya.

Sedangkan orang asing yang termasuk ke dalam daftar penangkalan atau yang bisa dikatakan bahwa orang tersebut tidak diijinkan masuk ke Indonesia disebutkan dalam Pasal 11 ayat 2 PP tentang Tata Cara Pelaksanaan Pencegahan dan Penangkalan  yang berbunyi :

Alasan alasan lain yang berkaitan dengan keimigrasian sebagaimana dimaksud dalam Pasal 17 huruf f Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1992 tentang Keimigrasian adalah orang asing yang:

  1. Pernah ditangkal masuk ke suatu negara tertentu;
  2. Pernah melakukan tindak pidana keimigrasian; atau
  3. Menggunakan paspor palsu atau yang dipalsukan guna memperoleh visa atau izin keimigrasian lainnya untuk masuk dan berada di wilayah Negara Republik Indonesia.

 



 

Baca Juga :Terbaru Begini Cara Buat Paspor Anak 2019

Sekarang sobat Mojou sudah tahukan aturan yang berlaku di Indonesia tentang warga negara asing yang diperbolehkan masuk ke Indonesia dan orang-orang yang tidak diperkenankan masuk ke negara Indonesia. Jangan lupa komen dibawah pendapat kalian ya dan share ke sobat Mojou yang lain karena “sharing is caring”. (ms)

Comment here