ArtikelJournalTips

Hal-Hal Penting Yang Perlu Disiapkan Saat Musim Hujan

moslemjourney.com – Dalam beberapa bulan lagi, beberapa wilayah di Indonesia akan memasuki musim hujan. Biasanya, musim hujan diprakiran akan terjadi di bulan Oktober-Februari. Untuk menyiasati musim hujan yang akan segera hadir, sobat Mojou bisa mempersiapkan beberapa barang ini.

Supaya tidak kebasahan dan tetap beraktivitas setiap hari pada saat musim hujan. Berikut ini, bebapa barang dan persiapan yang perlu disiapkan dalam menghadapi musim hujan yang moslemjourney.com rangkum dari beberapa sumber.

  1. Sedia Payung/Jas Hujan serta Pakaian Hangat

Barang yang paling penting di bawa saat musim hujan, ialah membawa payung atau jas hujan. Selalu bawa payung dan jas hujan saat beraktivitas di luar rumah, jangan sampai hujan yang tiba-tiba turun dan mengganggu aktivitas sobat Mojou. Selain itu, bawalah pakaian hangat untuk menghangatkan badan sobat Mojou biar tidak kedinginan.

  1. Periksa Kendaraan

Saat musim hujan, jangan lupa untuk periksa kendaraan sobat Mojou juga ya. Karena, saat musim hujan, jalanan menjadi licin dan penglihtan jadi kabur serta terbatas membuat resiko kecelakaan jadi meningkat. Jadi sobat Mojou, jangan lupa untuk memeriksa kendaraan kalian sebelum berangkat. Dari mulai lampu utama/sein, ban, dan rem berjalan dengan baik.

Baca Juga: Benarkah Musim Hujan Akan Berada Di Bulan Berakhiran Kata “-ber”?

  1. Minum Vitamin Dan Jaga Pola Makan

Perubahan cuaca dari panas musim kemarau ke musim dingin musim hujan, seringkali membuat sobat Mojou mudah terjaring penyakit. Ancaman berbagai penyakit seperti demand dan flu bisa kapanpun menyerang kalian saat musim hujan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, jangan lupa untuk menjaga pola makan dan jajan sembarang. Jika perlu, sobat Mojou bisa meminum vitamin/suplemen makanan untuk menjaga kesehatan kalian.

  1. Periksa Kondisi Atap Dan Saluran Air Rumah

Ancaman musim hujan yang sering di terimah selain penyakit yakni air yang tiba-tiba masuk dari atap atau luar karena saluran air yang mampet. Cek kondidi atap rumah sobat Mojou dan saluran air supaya tidak was-was saat meninggalkan rumah. Jangan sampai tiba-tiba rumah sobat Mojou banjir sendiri saat musim hujan datang.

  1. Siapkan Hiburan Di Rumah

Saat musim hujan datang, biasanya sobat Mojou akan lekat dengan kasur dan males untuk keluar rumah karena suasana yang dingin dan hujan. Biar tidak bosan dengan keadaan rumah dan di dalam kamar, sobat Mojou bisa melakukan beberapa hal yang bermanfaat dan menyenangkan. Seperti membaca buku atau novel agar bisa bercerita dengan keluarga  atau kerabat.

  1. Selalu Sedia Makanan Serta Cemilan

Cuaca yang dingin saat musim hujan, biasanya nafsu makan dan lapar akan sering datang secara tiba-tiba. Bagi sobat Mojou yang tidak bisa menahan lapar, mungkin sebaiknya menyiapkan berbaai bahan-bahan makanan serta cemilan di dalam lemari dan kulas. Supaya sobat Mojou tidak repot-repot keluar rumah.

Baca juga: Mengenal Musim Yang Ada Di Indonesia

  1. Tebengan

Bagi sobat Mojou yang tidak memiliki mobil atau males untuk naik kendaraan umum seperti bus, kalian bisa menebeng dengan teman yang memiliki mobil. Nah, hal ini bisa sobat Mojou lakukan dengan teman dekat atau keluarga yang sudah dekat ya. Supaya bisa semakin dekat dengan mereka bisa menyambung silaturahmi juga.

Nah, itulah beberapa barang dan hal yang perlu disiapkan dalam musim hujan. Serta jangan lupa ya sobat Mojou untuk selalu bersyukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala karena telah didatangkan musim hujan serta jangan mengeluh.

(IF)

0

Comment here