ArtikelJournalTips

Hal-Hal Penting Sebelum Mengguanakan Wifi Gratis Di Tempat Umum

moslemjourney.comSelain mencari makanan atau minuman, saat Sobat Mojou berada di tempat umum untuk kumpul dengan keluarga atau teman seperti rumah makan, mall, coffee shop, dan kafe pastinya akan mencari pasword wifi di tempat tersebut. Karena sudah hampir setiap tempat kumpul tersebut menyediakan fasilitas wifi gratis.

Meskipun gratis dan tidak mempengaruhi data smartphone atau laptop, Sobat Mojou tetap harus berhati-hati dalam penggunaan fasilitas wifi gratis tersebut. Karena bagi beberapa orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan hal yang tidak diinginkan Sobat Mojou. Berikut ini beberapa hal penting yang perlu dilakuakan Sobat Mojou saat menggukan wifi di tempat umum tersebut.

  1. Gunakan VPN (Virtual Private Network)

VPN merupakan aplikasi yang digunakan untuk jaringan pribadi dan tidak dapat diakses oleh umum, dengan menggunakan VPN Sobat Mojou tidak perlu khawatir dalam berselancar internet menggunakan wifi gratis tersebut. Karena VPN akan membuat perangkat Sobat Mojou tidak dapat dikenali saat online dan membuat situs web yang Sobat Mojou masukkan akan melihat IP jarinagan virtual, bukan IP perangkat Sobat Mojou.

Baca juga: Kenali Istilah-Istilah Ini Sebelum Memesan Makanan Di Restoran

  1. Perhatikan Nama Wifi Gratis Tersebut

Pernah melihat nama wifi yang sama di tempat umum yang meyediakan fasilitas wifi? Hanya saja yang satunya lagi tidak diberikan pasword. Jika iya, Sobat Mojou perlu berhati-hati untuk wifi yang tidak diberikan password. Karena bisa jadi wifi tersebut milik orang yang tidak bertanggung jawab (hacker). Apabila Sobat Mojou tetap menggunakan wifi yang tidak diberikan bisa saja data dalam perangkat dicuri atau diacak-acak oleh orang tersebut.

  1. Jangan Biarkan Perangkat Mengingat Jaringan Wifi

Saat Sobat Mojou pernah terkoneksi internet dengan wifi di tempat umum, biasakan untuk tidak membuat perangkat Sobat Mojou untuk terhubung secara otomatis. Karena hacker bisa membuat jalur aksesnya sendiri atau masuk secara paksa ke data profil perangkat Sobat Mojou. Bahkan, bagi beberapa hacker professional bisa sampai mengakses ke data keuangan atau data pribadi dengan melihat history aplikasi internet perangkat.

  1. Matikan Wifi Saat Tidak Menggunakan Internet

Selain jangan terhubung otomatis wifi, Sobat Mojou juga harus mematikan sambungan wifi saat tidak menggunakan internet. Supaya tidak boros baterai dan tidak memberikan kesempatan untuk para hacker mengirim email atau iklan yang mengganggu. Apabila menggunakan laptop saat terkoneksi wifi di tempat umum, sebaiknya Sobat Mojou menambah Extention tambahan untuk melindungi browser Sobat Mojou.

Baca juga: uk, Nikmati Hidangan Makanan Sambil Melihat Pemandangan Bawah Laut Di 5 Restoran Ini

  1. Jangan Gunakan Internet Untuk Transaksi Online

Saat Sobat Mojou terkoneksi internet wifi gratis di tempat umum, jangan sekali-kali menggunakannya untuk bertransaksi online seperti internet banking atau yang berhubungan langsung dengan data kartu kredit. Karena informasi tersebut dapat dimanfaatkan oleh hacker untuk melakukan tindakan yang tidak diinginkan Sobat Mojou. Baik tindakan tidak diinginkan berupa materi maupun psikologi.

Begitulah hal-hal penting yang perlu diperhatikan sebelum Sobat Mojou menggukan wifi di tempat umum. Jangan karena menggunakan wifi gratis, Sobat Mojou tidak memperhatikan ha-hal tersebut. Selain itu, jangan lupa untuk berkomunikasi dengan keluarga atau teman yang Sobat Mojou ajak ya dan jangan terlalu sibuk sendiri dengan pernagkatnya.

(IF)

Comment here