BeritaNasional

Gunung Merapi Keluarkan Awan Panas, Sejumlah Wilayah DI Sekitar Berdampak Abu Vulkanik

moslemjourney.com – Pasca mengeluarkan awan panas dan menyebabkan abu vulkanik pada Senin (14/10) sore pukul 16.31 WIB, Gunung Merapi kembali tenang. Namun, di beberapa wilayah di sekitar lereng Gunung Merapi terkena dampak akibat abu vulkanik.

Sebaran abu vulkanik tersebut meliputi di empat wilayah sekitar lereng Gunung Merapi, yaitu Desa Ngargosoko, Mranggen, Srumbung (Kecamatan Srumbung), Desa Sumber, Talun, Ngargomulyo, Kalibening, Ngadipuro, Mangunsoko, Dukun (Kecamatan Dukun), dan Desa Sucen, Jumoyo (Kecamatan Salam).

Sedangkan di tiga wilayah lain terdampak abu vulkanik yang tidak terlalu tebal (tipis), yaitu Desa Sawangan di Kecamatan Sawangan, Desa Tamanagung dan Muntilan di Kecamatan Muntilan, dan Desa Bojong dan Pabelan di Kecamatan Mungkid.

Dilansir dari Detik.com,puncak Gunung Merapi tampak tertutup awan dan Nampak terlihat jelas tidak ada aktivitas yang mengkhawatirkan terkait kegiatan vulkanik. Menurut warga sekitar lereng Gunung Merapi, abu vulkanik belum memiliki dampak yang serius.

Baca Juga: Keindahan Gunung Es Greenland Yang Akan Segera Hilang

“Kalau hujan abu di sini hanya tipis saja. Jadi, kalau di rumput yang terkena masih aman dipakai pakan ternak,” kata Ngadiman (40), warga Gowok Sabrang, Desa Sengi, Selasa (15/10) dikutip dari Detik.com.

“Kalau di sini hujan abu hanya lamat-lamat saja. Terus rumput masih bisa dipakai pakan ternak,” kata Kareb (55), warga Belang Tlogolele, usai pulang dari kebunnya dikutip dari Detik.com.

Sementara itu, Edy Susanto selaku Kepala BPBD Kabupaten Magelang menghimbau warga untuk tetap tenang dan beraktivitas seperti biasa. Namun, jangan lupa untuk meningkatkan waspada kepada oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Ikuti berita dari sumber yang dapat dipercaya. Hindari hoax dengan cara selalu mengkonfirmasi berita ke BPBD atau langsung ke BPPTKG,” kata Edy dikutip dari Detik.com.

Baca Juga: Naik Gunung Pertama Kali, Kenali Istilah-istilah Ini Untuk Para Traveler

BPBD Kabupaten Magelang juga telah berkoordinasi dengan BPPTKG Yogyakarta terkait kejadian ini dan beranggapan bahwa sejauh ini sebagian besar wilayah Gunung Merapi di Kabupaten Magelang masih relatif aman.

Pihaknya merekomendasikan bahwa jarak bahawa terkena karena awan panas berjarak tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi. Di luar radius tersebut, masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa dan dihimbau untuk mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik.

(IF)

Comment here