ArtikelBeritaCampurInternasionalJournalPilihan

Gempa Hebat Guncang Filipina, 84 Orang Terluka

Sumber : cnbcindonesia.com

Moslemjourney.com – Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo (M) 6,9  mengguncang Kota Padada, Davao del Sur, Filipina pada Minggu (15/12). Akibat gempa tersebut, sejumlah bangunan mengalami kerusakan yang cukup parah.

Tidak hanya kerusakan bangunan, gempa juga menimbulkan korban jiwa. Hingga Senin (16/12) anggota tim penyelamat Filipina telah berhasil mengevakuasi dua jenazah korban reruntuhan sebuah gedung tiga lantai yang ambruk.

Sementara itu tim gabungan dari polisi, tentara dan petugas pemadam kebakaran juga turut serta mencari korban tewas dan berhasil menemukan korban tewas lainnya. Namun upaya untuk mengevakuasi jenazah agaknya sulit dilakukan karena posisi jenazah terjepit di antara tembok yang keras.

Seperti dilansir dari CNN, Selasa (17/12), Wali Kota Padado mengatakan para korban tewas ditemukan di lokasi yang berbeda. Beberapa di antaranya berada di bawah reruntuhan gedung sedangkan korban lainnya tertimbun adukan semen.

Caminero menambahkan, jumlah korban yang sudah ditemukan ada lima orang seusai gempa mengguncang wilayah Kota Padada Minggu kemarin. Saat ini, tim penyelamat masih terus mencari tujuh orang yang dilaporkan hilang. “Kami masih mencari tujuh orang lainnya,” kata Caminero.

Sebelumnya, dilaporkan seorang anak menjadi korban akibat tertimpa tembok yang runtuk. Selain itu, seorang nenek juga tewas akibat serangan jantung saat gempa terjadi. Pihak berwenang Filipina mengatakan sebanyak 84 orang cedera akibat gempa tersebut dan nilai kerugian akibat kerusakan belum bisa ditaksir.

Selama kondisi kota belum pulih, pemerintah setempat memutuskan untuk meliburkan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Hal tersebut dilakukan guna meningkatkan keamanan  para pelajar dan meminimalisir korban cedera yang dikhawatirkan bertambah. Mengingat, sejumlah sekolahan mengalami kerusakan yang cukup parah akibat diguncang gempa.

Dalam beberapa bulan terakhir, Provinsi Davao telah diguncang tiga kali gempa dengan kekuatan besar. Akibatnya, puluhan orang dilaporkan tewas dan ratusan orang mengalami luka-luka. Gempa juga merusak beberapa rumah dan juga fasilitas umum seperti hotel, mall, dan rumah sakit.

Gempa yang mengguncang Filipina disebabkan juga oleh faktor negara tersebut berada di wilayah Cincin Api Pasifik. Zona Cincin Api Pasifik itu terbentang dari Jepang kemudian Asia Tenggara hingga Pasifik yang menyebabkan negara di sekitarnya rawan dengan gempa bumi.

Comment here