BeritaNasional

Gempa 6,5 SR Mengguncang Ambon

Moslemjourney.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan telah terjadi gempa kembali pada pukul 12:50 WIT di sekitar Ambon, Maluku, pada Kamis (26/09). Gempa dengan magnitudo 3,7 SR ini terletak pada titik koordinat 3,44 LS – 128.32 BT (11 km Selatan Kairatu-SBB 34 km Timur laut Ambon), dengan kedalaman: 10 km.

Guncangan bertubi-tubi kembali terjadi setelah gempa di Ambon dan sekitarnya terjadi pada Kamis (26/9/2019) sekitar pukul 06.46 WIB. BMKG telah memutakhirkan kekuatan gempa.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempa ini berkekuatan M 6,8 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M 6,5,” sebut Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, dalam keterangannya.

Baca juga: Demo Tutup Ruas Jalan Depan Gedung MPR/DPR, Kendaraan Di Himbau Jauhi Jalan Ini

Hasil analisis mekanisme sumber oleh BMKG menunjukkan gempa itu dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar mendatar (strike slip fault). Hasil pemodelan menunjukkan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

“Menurut informasi dirasakan dari masyarakat dan shakemap BMKG dampak gempa bumi dirasakan di daerah Kairatu, Haruku, Tihulae, Latu, dan Ambon dalam skala intensitas V-VI MMI. Wilayah ini berpotensi terjadi kerusakan,” kata Daryono.

Baca juga: Fenomena Langit Merah Di Jambi Dan Penjelasan BMKG

Menurut informasi BMKG jaringan komunikasi beberapa daerah di Ambon terputus. Keluhan ini disampaikan oleh warga net yang mengomentari postingan instagram @infobmkg.

“Min keluarga saya disana kok nomornya semua ga aktif? saya anak rantau saya khawatir min” @anbravis

“Menurut info memang ada beberapa daerah yang komunikasinya terputus” balas @infobmkg.

Baca juga: Kurun Waktu 1 Minggu, Dua Gunung Di Pulau Jawa Terbakar

Dilansir dari CNN indonesia, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan gempa dengan magnitudo 6,8 di sekitar Ambon, Maluku, Kamis (26/9), itu membuat satu jembatan dan satu bangunan di Universitas Pattimura mengalami kerusakan.

“Satu jembatan retak di Ambon, satu bangunan Universitas Pattimura rusak ringan,” ujar Pelaksana Tugas Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (26/9).

BMKG juga mengingatkan kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.



Comment here