JournalKesehatan

Gejala Utama Yang Menjadi Indikator Seseorang Terinfeksi Virus Corona

Gejala Utama

Moslem Journey – Mengetahui gejala utama virus corona yang menjadi indikator seseorang terinfeksi sangatlah penting karena dapat mengurangi dampak penyebaran lebih meluas. Sebelumnya, gejala virus corona yang sering diterima orang terinfeksi virus corona akan merasakan demam, batuk, dan sesak nafas.

Hingga saat ini, di seluruh dunia kasus virus corona terus meningkat dan membuat jutaan orang harus dirawat hingga meninggal dunia. Menlansir CNN, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, gejala virus corona terus berkembang dan akan muncul pada periode masa inkubasi sekitar 14 hari setelah terpapar.

Sehingga tanda utama virus corona tersebut sangatlah penting untuk dikenali, supaya dapat meminimalisir penyebaran virus corona ke orang sekitar. Berikut ini tujh tanda gejala utama selain demam, batuk, dan sesak nafas yang dapat menjadi indikator seseorang terinfeksi virus corona.

1. Menggigil dan Sakit-Sakit Pada Badan

Tubuh seseorang yang terinfeksi dengan virus corona akan demam yang disertai dengan menggigil dan rasa sakit pada malam hari hari. Meski demikian, para ahli menyebutkan, bagi beberapa orang mungkin tidak menggigil dan merasa sakit apapun.

Bisa saja mengalami seperti kondisi saat flu ringan yang disertai dengan rasa pegal-pegal pada sendi dan otot, sehingga gejala tersebut sulit untuk dibedakan. Perlu diperhatikan, potensi gejala virus corona akan muncul atau hilang setelah satu minggu atau lebih.

2. Tanda-Tanda Darurat Pada Tubuh

Bagi beberapa orang yang terinfeksi virus corona, di saat kondisi memburuk akan mengalami sejumlah tanda-anda darurat pada tubuh. Seperti tubuh tidak mampu dikendalikan atau kehilangan respon yang disertai dengan bibir biru, sulit bernafas, dan nyeri pada dada, maka segera mencari bantuan untuk menangani hal-hal tersebut.

3. Masalah Pada Pencernaan

Dalam sebuah penelitian di China, beberapa pasien terinfeksi virus corona mengalami masalah pada pencernaan (gastrointestinal) seperti diare atau masalah pada lambung yang tidak disertai dengan demam.

Menurut penelitian juga menunjukan, pasien terinfeksi virus corona ang mengalami masalah pada pencernaannya membutuhkan waktu lebih lama untuk menyingkirkan virus dari tubuhnya.

4. Mata Memerah Muda

Menurut penelitian yang di lakukan di beberapa negara, sekitar satu hingga tiga persen penderita virus corona mengalami gejala mata merah muda (konjungtivitis). Pada saat kondisi ini terjadi, maka orang tersebut dapat berpotensi untuk menularkan virus corona ke orang lain.

Konjungtivitis dapat terjadi akibat adanya virus pada lapisan jaringan tipis dan transparan yang menutupi bagian putih mata dan bagian dalam kelopak mata sehingga menyebabkan peradangan. Pada saat seperti ini yang disertai dengan gejala terinfeksi virus corona patut dicurigai.

5. Kehilangan Bau Dan Rasa

Sejumlah ahli menyebutkan, gejala kehilangan kemampuan untuk mencium rasa bau dan merasakan (anosmia) yang tidak biasa dirasakan oleh pasien terpapar virus corona. Hal ini juga membuat pasien-pasien tersebut dapat membuat nafsu makan menjadi berkurang.

Gejala anosmia yang disertai dengan gejala lain virus corona juga ditemukan oleh American Academy of Otolaryngology-Head and Neck Surgery, Korea Selatan, dan Jerman. Di Korea Selatan sekitar 30 persen dari pasien terpapar virus corona mengalami kehilangan kemampuan penciuamannya.

6. Mudah Lelah

Orang yang merasakan kelelahan yang berlebihan dapat menjadi gejala awal orang tersebut terinfeksi virus corona. Sebab menurut laporan WHO, hampir 40 persen dari 6.000 orang positif virus corona mengaku kelelahan dan dapat dirasakan dengan waktu yang lama setelah virus hilang.

Selain itu, sejumlah penelitian juga menyebutkan, orang-orang yang telah pulih atau tidak terinfeksi ileh virus corona mengaku masih merasa kelelahan dan kekurangan energi setelah masa pemulihan beberapa minggu.

7. Sakit Kepala, Tenggorokan, Dan Hidung Tersumbat

Laporan WHO juga menemukan, pasien terinfeksi virus corona di China merasakan sakit kepala, sakit tenggorokan, dan hidung tersumbat. Meskipun bukan tanda umum dan lebih mirip seperti flu, namun orang terinfeksi virus corona akan tampak seperti terkena flu.

Comment here