ArtikelJournal

Fakta Menarik di Indonesia! No. 2 Udah Tahu Belum?

Moslemjourney.com— Indonesia adalah negara yang luas, bukan begitu Sobat Mojou? Negara kita memiliki luas sebesar 5.455.675 km2 dan 3.544.744 km2 di antaranya atau 2/3 wilayahnya adalah lautan. Hm, apakah keunikannya hanya pada wilayah laut saja? Daripada penasaran, lebih baik baca fakta – fakta menarik tentang Indonesia di bawah ini ya, Sobat Mojou!

  1. Wisata Maritim Terbaik

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa wilayah laut di Indonesia mencapai 2/3 wilayah Indonesia. Itu adalah jumlah yang besar, Sobat Mojou. Kita memiliki lautan yang indah dari Sabang sampai Merauke, mulai dari Raja Ampat di Papua Barat yang sering dikunjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun internasional hingga Pantai Alue Naga di Aceh yang terkenal karena pemandangan sunsetnya yang indah. Indonesia juga menjadi rumah bagi berbagai macam terumbu karang juga mamalia laut seperti Paus Biru. Nggak heran jika Indonesia dinobatkan menjadi destinasi wisata terbaik versi pembaca  Dive’s Magazine dalam kategori destinasi selam terbaik dunia. 

Baca Juga : 2 Spot Snorkeling dan Diving, Cantik Banget!

  1. Rendang, Kuliner Tradisional Yang Mendunia

Kalian pasti pernah kan ke tempat pameran jajanan tradisional, entah di pusat perbelanjaan maupun di tempat umum lainnya. Apakah kalian menemukan rendang disana? Sebenarnya ada hal istimewa apa sih pada rendang? Masakan yang berasal Minangkabau ini menggunakan bahan dasar daging dan dimasak menggunakan dengan rempah – rempah supaya rasanya lebih khas dan nikmat. Rendang pada umumnya memakai daging sapi. Tapi jika tidak ada, kalian bisa menggunakan daging ayam , itik ( bebek ) dan hati sapi. Dan yang menyukai rendang nggak hanya kita saja lho, Sobat Mojou! Berdasarkan polling Facebook yang diadakan oleh CNN Go pada tahun 2011, rendang menjadi makanan no. 1 terenak di seluruh dunia. Bahkan posisinya nggak berubah sampai tahun 2017 lho!

  1. Rumah Bagi Si Raja Piton

Selain kaya akan sumber daya alam dan budayanya, Indonesia juga menjadi rumah bagi hewan – hewan. Jika sebelumnya kita membahas tentang mamalia laut yakni Paus Biru, kali ini kita akan beralih pada hewan melata yang terkenal dengan julukannya yakni sebagai anakondanya Indonesia. Hewan yang disebut Raja Piton atau Tangkalaluk bagi orang – orang suku Dayak, Kalimantan ini dulunya hidup dengan memangsa babi hutan, rusa, harimau dahan dan lainnya. Sayangnya, spesies ular ini sepertinya menjadi yang terakhir di Indonesia akibat bencana asap hutan yang saat melanda sedang melanda wilayah Riau dan sekitarnya. Semoga masalahnya cepat selesai ya, Sobat Mojou! (ans)

Baca Juga : Kabut Asap Kian Memburuk, Pekanbaru Siaga Asap



Comment here