ArtikelPilihan

Fakta – Fakta Unik di Benua Terbesar di Dunia (2)

MoslemJourney— Setelah membaca fakta – fakta unik disini, bagaimana dengan ulasan wilayah Asia yang lain? Berikut adalah ulasan yang meliputi wilayah Asia Selatan, Asia Barat, Asia Utara dan Asia Tengah. 

  1. ASIA UTARA
https://ilmupengetahuanumum.com/negara-negara-di-benua-asia-beserta-ibukotanya/

Wilayah Asia ini sangatlah unik. Terbagi menjadi 2 bagian yakni Eropa dan Asia, menjadikan Rusia menjadi negara lintas budaya. Membedakan dua etnis itu sendiri tidaklah mudah. Menurut Egor Kitov, peneliti dari Pusat Antropologi Fisik Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia mengatakan bahwa setidaknya terdapat 2 ras pada Rusia Modern , Mongolid dan Kaukasia. Mereka juga sudah lama hidup berdampingan dan telah bercampur sama lain. 

Selaras dengan Egor, Profesor Ilya Perevozchikov yang dilansir dari RBTH mengatakan orang Tatar dan Kazak yang terlihat seperti orang Asia, namun ternyata berasal dari percampuran antara ras Mongoloid dan Kaukasia.

Dikenal sebagai tempat terdingin di dunia, Siberia menempati 77 persen wilayah di Rusia, menjadikannya dataran terbesar disana. Untuk mencapai Siberia, Sobat Mojou bisa menggunakan Trans – Siberia lho! Rel kereta sepanjang kurang lebih 9.000 km ini melayani rute perjalanan yang mengelilingi Asia. Harga yang didapatkan juga jauh lebih murah daripada menggunakan transportasi udara. 

Nah, untuk wisata alamnya sendiri ada Danau Baikal, danau paling dalam di seluruh dunia. Sobat Mojou juga bisa melihat danau ini jika menaiki Trans – Siberia. Jangan lupa untuk transit di Stasiun Irkutsk dan mencoba ikan Omul, ikan yang hanya bisa kamu temui di Danau Baikal. 

Lalu ada Gurun Chara, gurun unik karena bukan hanya berupa padang pasir namun juga dikelilingi oleh Gunung Kodar yang bersalju hingga sungai, danau dan mata air lainnya. Pemandangan padang pasir dan gunung bersalju yang terlihat kontras itu pun akhirnya menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. 

Baca Juga : Xian, Destinasi Wisata Muslim Menarik Liburan di China

  1. ASIA BARAT

Menjadi tempat dimana rumah ibadah bagi umat Muslim, Mekkah yang menjadi kota utama di Saudi Arabia ini juga memiliki sejumlah fakta unik lho! Cuaca panas di Timur Tengah biasanya memang terasa kering banget ya, Sobat Mojou. Tapi di Mekkah, bahkan saat kita beribadah di Masjidil Haram tanpa atap pun kita takkan merasa kepanasan. Kok bisa?

Ternyata, Mekkah merupakan wilayah yang memiliki tekanan gravitasi yang tinggi. Karena itulah, kandungan garamnya menjadi banyak. Bahkan aliran air di bawah tanahnya pun dapat menghasilkan sesuatu yakni air Zam – Zam yang biasa kita konsumsi. 

Akibat tekanan gravitasinya juga, Mekkah menjadi pusat gema atau ruang dan massa serentak yang membuat segala doa dan harapannya menjadi cepat terkabul. Daripada memikirkan hal – hal yang buruk, lebih baik pergunakan waktu sebaik mungkin untuk mendekatkan diri pada Allah Subhanahu wa ta’ala. Teknologi secanggih satelit pun sulit mendeteksi Mekkah karena hal ini. Masha Allah.

Menjadi negara yang menghuni pulau di Laut Tengah bagian Timur tidak membuat Siprus luput dari keindahannya. Terletak di Laut Tengah bagian timur, negara mungil ini memiliki sejumlah pantai yang rasanya sayang untuk dilewatkan. 

Ada pantai Nissi yang terletak di resort Ayia Napa yang airnya sangat bersih, Cape Greco atau Capo Greco yang berada di tempat yang sama, serta Akamas yang merupakan pantai sekaligus cagar alam bagi 168 jenis burung, 20 jenis reptil, 16 jenis kupu – kupu, 12 jenis mamalia serta hewan – hewan yang masih diteliti lagi saking banyaknya.

  1. Asia Tengah 
https://ilmupengetahuanumum.com/negara-negara-di-benua-asia-beserta-ibukotanya/

Dikenal sebagai negara yang terkunci karena dijepit oleh negara Kazakhstan, Turkmenistan, Tajikistan, dan Kyrgystan. Karena hal inilah, jika ingin mengunjungi negara ini Sobat Mojou harus melewati keempat negara ini. Dulu sekali, ketika para pedagang ingin menjual barang ke Tiongkok, mereka akan beristirahat di Uzbekistan. Namun semenjak jalur sutera ditemukan, para pedagangan tidak pernah mendatangi negara itu lagi. 

Memiliki mayoritas masyarakat yang beragama Muslim, menjadikan puasa di bulan Ramadhan menjadi sebuah momen yang sangat istimewa. Jika di Indonesia ada kolak, masyarakat Uzbekistan mempunyai makanan khasnya yakni Nisalda yang terbuat dari putih telur, gula, dan resep tradisional yang menggunakan tanaman tradisional yang hanya ditanam di Uzbekistan. (ans)

Baca Juga : 4 Negara Dengan Destinasi Kuliner Halal, Sudah Coba?



Comment here