ArtikelJournal

Fakta-Fakta Menarik Negara Turki

moslemjourney.com – Tahukah kalian Sobat Mojou, setiap negara memiliki fakta-fakta yang menarik yang harus kalian ketahui untuk menambah ilmu pengetahuan  dan menambah wawasan kalian. Dan kali ini Mojou akan membahas fakta menarik salah satu negara yang cukup fenomenal di kalangan pecinta kebab yaitu Turki. Dan berikut fakta-fakta menarik tentang negara Turki :

  1. Bahasa Turki

Meskipun bahasa lain digunakan oleh minoritas kelompok Arab dan Kurdi yang tinggal di Turki, bahasa resmi Turki  adalah bahasa Turki. Bahasa Turki sendiri adalah bagian dari bahasa yang sama yang ternyata digunakan di negara Azebaijan dan negara-negara Asia Tengah, seperti Turkmenistan dan Uzbekistan.  Meskipun bahasa Turki dan bahasa Arab memiliki beberapa kata yang sama, kedua bahasa tersebut tidak ada hubungannya. Dan meskipun kebanyak orang Turki adalah muslim, mereka merupakan keturunan asli orang Turki dan bukan berasal dari bangsa Arab.

Baca Juga : 5 Destinasi Negara Turki yang Terkenal dan Wajib Dikunjungi

  1. Memuat Dua Benua

Jika Indonesia diapit oleh 2 benua yaitu benua Asia dan Australia, namun negara Turki berada di 2 benua yaitu benua Eropa dan Asia. Bagian terluas terletak di benua Eropa dan dikenal dengan nama Thrace dan sebagiannya lagi terletak di benua Asia yang dinamakan Anatolia, namun terkadang disebut juga dengan Asia Kecil.

  1. Masjid Bawah Tanah

Berdasarkan data dari Direktorat Hubungan Agama, Turki memilki 82.693 masjid, dan yang terbesar berada di Istanbul. Dan ternyata masjid bawah tanah pertama di dunia didirikan di Turki loh, tepatnya di distrik Buyukcekmece Turki di Istanbul. Dibangun 7 meter dari permukaan tanah, masjid bawah tanah ini dinamakan masjid Sancaklar yang bangunannya terinspirasi oleh Gua Hira. Bangunannya memenangkan peringkat pertama dalam Kompetisi Arsitektur Dunia untuk tempat-tempat keagamaan.

  1. Cuci Mulut dengan Kue Puding

Di Turki sendiri memiliki makanan khas cuci mulut yaitu Asure atau kue pudding Nuh. Kue pudding Nuh berasal dari keluarga Nabi Nuh, dimana terdapat cerita pada kue ini yaitu ketika perahu Nabi Nuh berhenti di Gunung Ararat di sebelah Tenggara Turki, dan keluarga Nabi Nuh merayakannya dengan makanan spesial yang terdiri dari beras, buah dan kacang.

Baca Juga :Catat Aturan Unik Ini Sebelum Travelling

 



 

  1. Konsumsi Teh Tertinggi

Bukan Cuma di negara Korea saja loh yang gemar minum teh, ternyata masyarakat Turki pun sangat menyukai teh dan termasuk negara dengan konsumsi teh tertinggi. Dalam setahun saja masyarakat Turki mengkonsumsi teh mulai dari 2kg sampai 2,1 kg. Dan rata-rata , 96 persen orang Turki suka meminum teh dan setidaknya 1 orang setiap hari mengkonsumsi teh.

Itu dia 5 fakta menarik dari negara Turki. Gimana jadi menambah pengetahuan sobat Mojou kan. Jangan lupa share ke sobat Mojou yang lain ya, dan komen fakta negara mana yang ingin kalian ketahui. (ms)

Comment here