Tahukah Kamu

Fakta Awan Cumulonimbus, Musuh Dunia Penerbangan

Moslemjourney.com – Seringkali terjadi kecelakaan di dunia penerbangan yang diakibatkan oleh awan cumulonimbus. Awan ini dikenal sangat berbahaya bagi dunia penerbangan.

Namun, tahukah Sobat Mojou kenapa awan cumulonimbus dianggap berbahaya? Berikut beberapa fakta mengenai awan cumulonimbus.

1. Mengandung Petir

Awan cumulonimbus merupakan jenis awan yanh memiliki tinggi sekitar 2.000-16.000 meter. Selain itu, awan ini memiliki bentuk yang padat seperti jamur menjulang dan di dalamnya mengandung badai petir serta cuaca dingin.

Awan ini terbentuk karena ketidakstabilan atmosfer. Maka dari itu, petir di awan ini bisa menimbulkan curah hujan tinggi dan angin kencang. Awan ini biasa ditemukan di kawasan tropis.

2. Membuat Pesawat Goyang

Karena bentuk awan cumulonimbus tebal dan terdapat petir dan angin, maka awan ini selalu dihindari oleh pesawat. Karena jika tidak dihindari, pesawat bisa bisa goyang dan membahayakan penerbangan.

3. Bisa Banting Pesawat

Disebutkan juga, awan ini merupakan musuh bersama di dunia penerbangan. Bahkan, pesawat yang tahan badai pun disarankan untuk tidak menerobos awan cumulonimbus.

Ungkapan musuh di dunia penerbangan pun tidak berlebihan. Pasalnya ketika pesawat memasuki awan ini, maka pesawat akan dibanting-banting dan membahayakan awak serta penumpang.

4. Wajib Dihindari Pesawat

Awan cumulonimbus bersifat berbahaya. Dalam rencana suatu penerbangan pun telah jelas direkomendasikan, pilot harus menghindari awan jenis ini.

Saking bahayanya, jangan sekali-kali nekat menerobos awan cumulonimbus. Kalau pun tak ada cara lain untuk menghadapi awan ini selain menghindarinya. Maka lebih baik untuk berbalik dan jangan terbang di sekitar awan tersebut.

*artikel ini melansir merdeka.com dengan judul 4 Bahaya awan Cumulonimbus bagi penerbangan

Rda

Comment here