BeritaNasional

5 Fakta Menarik Dibalik Perayaan Hari Raya Idul Adha

MoslemJourney – Umat beragama muslim setiap tahunnya memperingati peristiwa kurban yang dimana setiap tahunnya dikenal dengan sebutan hari raya Idul-Adha. Tahun ini, peringatan lebaran qurban ini dilaksanakan pada 10 Dzulhijjah atau bertepatan pada hari Minggu, 11 Agustus.

Hal ini banyak orang berbondong-bondong untuk ikut serta dalam perayaan ini dengan menyembelih hewan kurban. Akan tetapi, selain penyembelian hewan kuban, ada beberapa fakta menarik dibalik  hari raya Idul-Adha yang dirangkum dari MoslemJourney yang diperoleh dari beberapa sumber.

Berikut fakta menarik dibalik Idul-Adha:

1. Idul-Adha Jatuh pada 70 hari usai Idul-Fitri

Dikutip dari Wikipedia, pelaksanaan Idul-Adha jatuh pada hari ke-70 setelah Idul Fitri.

Penasaran. ingin mencoba menghitunya?

2. Keunikan Arab Saudi dalam membagikan Kurban

Berbeda dengan Indonesia, hari raya Idul Adha justru menjadi hari raya terbesar di negara ini, sebab selain berkurban hari raya Idul Adha adalah puncak ibadah Haji bagi seluruh umat Islam yang melaksanakannya. Negara Minyak yang menghasil minyak terbesar ini juga disibukkan dengan pemotongan hewan kurban yang bakal di bagikan ke negara-negara Islam yang mengalami kekurangan, terutama di kawasan Afrika dan Asia.

Baca Juga :Keutamaan Meninggal Di Tanah Suci

3. Larangan puasa selama empat hari dalam bulan Dzulhijjah

Umat beragama Islam dilarang berpuasa pada hari raya Idul-Adha dan tasyrik. Setiap tahunnya pada hari raya Idul-Adha dan tasyrik umat islam dilarang untuk berpuasa. Pasalnya, Hari tasyrik merupakan tiga hari setelah Idul-Adha dan dilaksanakan pada tanggal 11,12 dan 13 Dzulhijjah.

4. Nama lain dari Idul-Adha

Hari raya Idul Adha adalah puncak ibadah haji yang dilaksanakan oleh umat beragama Islam. Hal ini membuat Idul- Adha disebut sebagai Lebaran Haji. Namun, selain disebut lebaran haji, Idul- Adha sering kita namakan sebagai Idul Qurban. Karena ada aktivitas kurban.

5. Hari memperingati bentuk pengorbanan Nabi Ibrahim

Seperti yang kita ketahui dan tertulis dalam Alquran, Hari raya Idul Adha mengingatkan akan kisah Nabi Ibrahim bersama anaknya, Nabi Ismail. Pengorbanan seorang ayah yang mengiklaskan anak tersayangnya dipersembahkan untuk Allah SWT. Kemudian hal itu menjadi cerita inspiratif yang selalu didengar dalam khutbah sholat hari raya Idul Adha.(Jhn)



Comment here