ArtikelBeritaCampurJournalNasionalRekomendasiTransportasi

East Cross Taxiway Bandara Soetta Resmi Beroperasi

East Cross Taxiway Bandara Soekarno Hatta. sumber: liputan6.com

Moslemjourney.com – PT Angkasa Pura II (Persero) meresmikan fasilitas baru di Bandara Internasional Soekarno Hatta yakni East Cross Taxiway. Taxiway tersebut sudah mulai beroperasi sejak Senin (16/12) pukul 16.40 WIB.

Senior Manager Of Brach Communication & Legal Kantor Cabang Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Febri Toga menjelaskan East Cross Taxiway atau jalur penghubung runway selatan dan runway utara itu telah dilintasi oleh pesawat Garuda Indonesia GA838 dengan nomor registrasi PK-GFE tujuan Singapura.

Selain dilewati oleh dua pesawat Garuda, East Cross Taxiway juga sudah dilintasi pesawat Air Asia dan Batik Air. Jadi, sejak pertama beroperasi Taxiway sudah dilewati total empat pesawat.

Febri mengatakan, dengan adanya East Cross Taxiway diharapkan dapat memangkas waktu tunggu pesawat atau holding time yang lepas landas (take off) dan pesawat yang mendarat (landing).

Pengoperasian juga dilakukan untuk memfasilitasi jelang libur Natal dan tahun baru. “hal penting dari pengoperasian ini adalah, selain mendukung sirkulasi pergerakan pesawat khususnya dari apron utara menuju apron selatan, ini juga untuk menambah dukungan di libur Natal tahun ini,” jelas Febri seperti di muat liputan6.com pada Selasa (17/12).

East Cross Taxiway yang memiliki panjang 1.560 meter dengan lebar 60 meter ini sudah mulai dibangun pada Januari 2018. Rencananya, taxiway ini dapat dilalui oleh pesawat jenis Airbus A380 Jumbo walau saat ini pesawat tersebut belum masuk ke Indonesia. “Kami pastikan pesawat jenis tersebut dapat melintasi East Cross Taxiway,” katanya.

Meskipun demikian, saat ini pihak PT Angkasa Pura II (Persero) sedang berupaya untuk mencoba Boeing 777-300 yang dimiliki Garuda dan maskapai lain dan akan dilakukan mulai hari ini.

Atas pengoperasian East Cross Taxiway, PT Angkasa Pura II (Persero) sangat berterimakasih kepada pihak terkait antara lain Airnav dan juga Chief pilot dari berbagai maskapai yang telah mendukung dan yang turut berpartisipasi untuk mengkoordinasikan persiapan ini.

“Terimakasih juga kepada Garuda Indonesia yang pertama kali melintas di lintasan East Cross Taxiway ini,” tutup Febri.

Comment here