BeritaInternasional

Duterte Umumkan Isolasi Kota Manila Cegah Penularan Virus Corona

Ilustrasi Durtete Umumkan Isolasi Manila - Moslem Journey

Moslem Journey – Rodrigo Duterte, Presiden Filipina mengumumkan pembatasan imigrasi yang dilakukan secara ketat dan menghentikan semua transportasi dari segala jalur untuk memasuki atau keluar dari kota Manila, Filipina.

Hal ini dilakukan Duterte untuk mencegah penyebaran virus corona yang mematikan masuk ke kota Manila lebih luas dari sebelumnya.

Dalam pengumuman yang disiarkaan secara nasional Filipina, Kamis (12/3), Duterte menyetujui larangan sejumlah kegiatan massal selama satu bulan.

Dia menutup semua sekolah di Manila dan melarang masuknya orang asing dari tempat-tempat penyebaran penyakit menular.

Pemerintah Filipina juga melarang masuk pendatang yang ingin masuk ke Filipina dari negara terinfeksi kasus positif virus corona.

Keputusan tersebut diambil setelah kasus infeksi virus corona meningkat tajam hingga 52 kasus dalam satu hari setelah kasus pertama, Sabtu (7/3). Selain itu, lima orang Filipina dinyatakan meninggal dunia akibat virus corona.

Dalam pidatonya, Duterte tidak ingin menyebut kebijakan tersebut sebagai isolasi, namun mengingat tidak diperbolehkannya masuk atau keluar dari kota Manila maka terpaksa dilakukan hal serupa.

Pembatasan perjalanan dan ruang untuk isolasi massal yang dilakukan Filipina menjadi upaya pencegahan terketat di luar Tiongkok dan Italia.

Meskipun di Filipina sendiri jumlah kasus virus corona tidak separah Tiongkok dan Italia yang mencapai 90 ribu kasus.

Otoritas Filipina ingin menghentikan penyebaran virus corona, setelah setahun lalu menangani wabah besar demam berdarah dan campak. Bukan hanya itu saja, di dua dekade terakhir Filipina berkena kasus polio pertama.

Kekhawatiran terbesar Otoritas Filipina dalam menghadapi wabah virus corona di Ibu Kota Manila, terdiri dari 16 kota yang menyatu dan dikenal dengan daerah padat dan kumuh.

Selain itu, di kota Manila juga terdapat ruang terbuka yang terbatas serta memiliki lalu lintas yang mengerikan.

Populasi Kota Manila secara resmi tercatat sebanyak 13 juta orang, tetapi jumlah sebenarnya melebihi jumlah tercatat. Hal ini dapat terjadi karena banyak migrasi yang tak terkendali dan jutaan pemukim informal.

Dalam instansinya, sejauh ini ada enam menteri kabinet, 16 anggota parlemen, dan enam walikota Manila dan gubernur bank sentral Filipina telah menjalani karantina sendiri sebagai tindakan pencegahan.

Comments (1)

  1. Great – I should certainly pronounce, impressed with your site. I had no trouble navigating through all the tabs as well as related information ended up being truly simple to do to access. I recently found what I hoped for before you know it at all. Quite unusual. Is likely to appreciate it for those who add forums or anything, website theme . a tones way for your client to communicate. Nice task..

Comment here