JournalKesehatan

Dua Alternatif Suplemen Alami Menjaga Kesehatan Saat Berpuasa

Alternatif Suplemen Alami

Moslem Journey – Ada dua alternatif suplemen alami yang dapat dipilih untuk menjaga tubuh tetap sehat saat berpuasa tahun ini, sebab puasa tahun ini berbarengan dengan penyebaran virus corona yang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh.

Kebutuhan tambahan alternatif suplemen ini berguna untuk menghindari terjadinya dehidrasi dan menambah mikronutrien (zat gizi mikro) pada tubuh selama berpuasa. Selama mengonsumsi suplemen alternatif ini juga usahakan juga untuk tetap menerapkan pola makan seimbang dan variasi selama sahur dan berbuka puasa.

Selain itu, agar tubuh tetap kuat saat berpuasa, hindari makanan yang bersifat pro-inflamasi seperti makanan mengandung gula tambahan dan minyak jenuh berlebihan.

Ini adalah dua alternatif suplemen alami yang dapat dikonsumsi menyesuaikan kondisi dan kebutuhan tubuh supaya dapat menjaga kesehatan saat berpuasa ialah habbatussauda (jintan hitam) dan sari kunyit (tumeric).

Habbatussauda (Jintan Hitam)

Habbatussauda merupakan salah satu sumber thymoquinone (senyawa bioaktif) yang memiliki manfaat anti-inflamasi dan antioksida. Kedua manfaat tersebut dapat membantu mencegah kerusakan sel dan meningkatkan kerja kekebalan tubuh untuk menolak radikal bebas dari luar tubuh.

Selain itu, habbatussauda juga dapat menjaga lapisan sel pada lambung dan meningkatkan aktivitas sel beta yang terdapat di pankreas untuk mengatur kadar gula darah manusia.

Sari Kunyit (Tumeric)

Sari kunyit memiliki kandungan zat curcumin yang memiliki fungsi sebagai anti-inflamasi untuk mengurangi peradangan terhadap berbagai penyakit kronis, membantu mengendalikan diabetes, menetralisir radikal bebas sehingga dapat mencegah kerusakan sel pada tubuh.

Curcumin yang terkandung dalam sari kunyit sangat dibutuhkan saat berpuasa, karena dapat membantu mengurangi frekuensi gejala maag dan mampu bekerja untuk mengendalikan produksi asam lambung atau empedu yang diproduksi tubuh berlebihan.

Selain dua alternatif suplemen alami tersebut, memakan/meminum multivitamin juga dapat membantu memelihara kesehatan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Seba multivitamin memiliki beberapa jenis vitamin yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, seperti vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin E, Kalsium, dan Zat Besi.

Dengan memakan/meminum multivitamin dapat mencegah berbagai penyakit yang disebabkan karena virus maupun bakteri. Kandungan vitamin dan mineral yang dimiliki multivitamin dapat memaksimalkan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh.

Comment here