BeritaNasional

Dilintasi Gerhana, Warga Padang Sidempuan Gelar Salat Gerhana

Moslemjourney.com – Fenomena alam gerhana matahari cincin terjadi pada Kamis (26/12) siang di beberapa kota di Indonesia. Salah satu kota yang dilintasi gerhana ialah Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara.

Untuk menyikapi gerhana matahari, sesuai arahan dari Kementerian Agama, para ribuan warga pun salat gerhana secara berjamaah di Masjid Agung Al Abror, Kota Padang Sidempuan pada pukul 11.45 WIB.

Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution mengatakan, gerhana matahari cincin merupakan suatu yang sangat luar biasa apalagi tidak semua daerah bisa menyaksikannya secara langsung.

“Kita di Kota Padang Sidempuan ini sangat beruntung bisa menyaksikannya secara langsung dan daerah kita termasuk salah satu yang dilintasi,” kata Irsan pada Kamis (26/12) seperti dilansir dari Kompas.com.

Selain Kota Padang Sidempuan, Riau juga menjadi kota yang dilintasi oleh gerhana matahari cincin. Ribuan warga berkumpul di sebuah lapangan tepi laut di Kampung Bunsur, Kabupaten Siak, Riau untuk menyaksikan gerhana.

Demi keselamatan mata, panitia juga menyediakan kacamata raksasa khusus yang dipasang di tepi laut agar warga terhindar dari radiasi saat menyaksikan gerhana matahari secara langsung. Saat gerhana mulai terjadi hingga membentuk cincin, banyak warga yang bersujud serta melantunkan salawat dan takbir.

Salah seorang warga bernama Bembeng merasa takjub atas terjadinya peristiwa gerhana ini. “Maha Besar Allah dengan segala ciptaannya. Saya dari Pekanbaru bersama keluarga menyaksikan langsung bagaimana fenomena gerhana matahari cincin,” katanya Kamis (26/12) dilansir dari okezone.com.

Gerhana matahari cincin sendiri terjadi mulai pukul 12.15 WIB dan berakhir pada pukul 12.19 WIB. Setidaknya ada sekitar tujuh provinsi yang dilintasi oleh gerhana ini diantaranya Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

RDA

Comment here