ArtikelDestinasiJournal

Destinasi Wisata Di Tanah Suci Mekkah

moslemjourney.com— Mekkah atau bisa juga disebut Makkah memiliki nama lain yaitu al-Mukarramah (bahasa Arab: مكة المكرمة‎) adalah kota utama di Arab Saudi. Kota sekaligus tempat dimana arah kiblat umat Muslim di seluruh dunia ini tak pernah sepi oleh manusia. Baik yang ingin melaksanakan ibadah haji ataupun hanya sekedar umrah. Nah, selain untuk beribadah, kita juga bisa lho mengunjungi destinasi wisata di tanah suci. Berikut adalah ulasannya!

  1. Menara Abraj Al Bait 

Lokasi : AL HAJLAH MAKKAH CR ABRAJ AL-BAIT MALL, Mecca Arab Saudi

Jam Buka : Senin – Minggu (10.00 – 23.00) 

Sebelum memasuki Masjidil Haram, jika kamu melihat bangunan jam yang mirip dengan Big Ben di London, maka kamu sudah melihat Menara Abraj Al Bait. Walaupun sekilas terlihat mirip, sebenarnya Menara Abraj Al Bait ini lebih tinggi daripada bangunan yang ada di London tersebut. Tingginya saja mencapai 601 meter.

Hal ini pula yang menjadikannya sebagai bangunan tertinggi setelah Burj Khalifa di Dubai. Bangunan yang dibangun oleh arsitek dari Dar Al Handasah Architects juga dihiasi oleh dua juta lampu LED yang menampilkan 21.000 cahaya yang terdiri dari warna putih dan hijau.

Makanya, bangunan ini akan terlihat lebih cantik dan berkilau di malam hari, Sobat Mojou!

  1. Museum Menara Jam Mekkah 
https://www.saudinesia.com/2019/05/31/umrah-ke-makkah-jangan-lewatkan-berkunjung-ke-museum-menara-zam-zam/
https://www.saudinesia.com/2019/05/31/umrah-ke-makkah-jangan-lewatkan-berkunjung-ke-museum-menara-zam-zam/

Jam Buka : Sabtu – Minggu ( 13.00 – 18.00 & 22.00 – 02.00)

Harga : US$ 40 (sekitar Rp571 ribu) per orang

Masih di Menara Abraj Al Bait, ternyata di dalamnya terdapat museum juga lho Sobat Mojou. Museum ini berada di 4 lantai teratas pada bangunan jam tersebut. Pada lantai pertama, kamu akan disuguhkan pengetahuan mengenai alam semesta melalu audio. Pada lantai kedua kamu akan melihat bagaimana matahari, bulan dan bumi berputar.

Di lantai ketiga kamu akan dibawa melihat masa lalu dimana manusia menggunakan orbit matahari, bulan, jam pasir, arloji saku dan lainnya untuk mengetahui waktu shalat, arah kiblat dan waktu. Jika kamu ingin melihat keseluruhan Masjidil Haram, kamu bisa naik ke lantai paling atas.  

Diresmikan Mei lalu, yang menjalankan museum ini adalah MISK Foundation yang digerakkan oleh Putra Mahkota Saudi, Muhammad Bin Salman (MBS).

Baca Juga : Tata Cara Melakukan Tayamum

  1. Fakieh Aquarium
https://www.youtube.com/watch?v=zDSNaI-tGSU
https://www.youtube.com/watch?v=zDSNaI-tGSU

Lokasi : Al Nawras، Al Kurnaysh Road Next to، Jeddah 23413, Arab Saudi

Jam Buka : 

Senin – Kamis (10:00 – 23.00)
Jumat (13:30 – 23:00)
Sabtu (1:00 – 23:00) 

Harga : Sr 50 ( sekitar 187 ribu per orang )

Fakieh Aquarium merupakan satu-satunya Seaworld untuk umum yang ada di Saudi Arabia, Sobat Mojou. Di dalamnya, kamu dapat melihat 200 jenis hewan-hewan laut seperti Hiu, Ikan Pari, Ikan Napoleon Wrasse, Kuda Laut dan lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa melihat pertunjukkan lumba-lumba, hanya saja kamu harus membayar tiket lagi sebesar Sr 55 atau sekitar 205 ribu per orang.

Fasilitasnya juga lengkap banget, ada mushola di lantai 2, ruang kesehatan dan wifi di seluruh ruang di dalam seaworld. 

  1. Masjid Ar-Rahmah
https://bujangmasjid.blogspot.com/2012/12/masjid-arrahmah-masjid-terapung-kota.html
https://bujangmasjid.blogspot.com/2012/12/masjid-arrahmah-masjid-terapung-kota.html

Lokasi : 6826 Corniche Rd, حي الشاطئ، 2420، Jeddah 23613 2420, Arab Saudi

Pergi ke tanah suci memang nggak jauh-jauh dengan destinasi wisata masjidnya. Kalo kamu sedang berada di Jeddah, nggak ada salahnya untuk datang ke Masjid Terapung Laut Merah Ar-Rahmah. Sebelumnya, masjid ini bernama Masjid Fatimah.

Namun karena orang-orang banyak salah tafsir dengan mengaitkan nama masjid ini dengan putri Rasullulah yakni Fatimah Az-Zahra, akhirnya pada Desember 2010, pemerintah setempat mengganti namanya menjadi Masjid Ar-Rahmah.

Ada aturan menarik di masjid ini, yakni sholat berjamaah akan berlangsung dengan 1 kelompok. Jika ada kelompok lain datang, maka kelompok tersebut harus menunggu hingga kelompok sebelumnya selesai sholat. Hal ini bisa jadi karena jemaah haji dan umroh biasanya datang dengan agen perjalanannya masing-masing. 

Ini dia ulasan dari destinasi wisata di Mekkah. Semoga ini bisa jadi referensimu selama beribahadah di Tanah Suci. Kamu juga punya rekomendasi lainnya? Jangan lupa share di kolom komentar di bawah ini ya ! (ans)

Baca Juga : Destinasi Wisata Di Tanah Suci Mekkah

Comment here