ArtikelDestinasiJournal

Danau Sanghyang Heuleut, Surga Tersembunyi Di Bandung

Moslemjourney.com— Ketika berkunjung ke Bandung, destinasi wisata mulai dari wisata alam, kuliner, museum hingga galeri kesenian pun bisa kamu temui. Sobat Mojou nggak akan bosan untuk mengunjungi kota Kembang ini. Nah, tahu nggak disini juga ada satu tempat wisata alam yang menarik banget. Dan poin plusnya, tempat ini instagramable juga lho !

Apa sih wisata alam Bandung yang sering kalian dengar? Gunung Tangkuban Perahu? Ciwidey? Atau Kawah Putih? Wah, itu sih terlalu mainstream Sobat Mojou! Tahu nggak, di Bandung ada sebuah danau yang selain airnya berwarna biru, pemandangan alam disana juga keren banget. Namanya adalah danau Sanghyang Heuleut. Danau cantik ini terletak di Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.

 

Baca Juga : Ada Laut Mati di Indonesia, Masa Iya?

 

Patokannya dari Pembangkit Listrik Tenaga Air ( PLTA ) Saguling. Nggak jauh dari tempat itu, Sobat Mojou bisa langsung datang danau ini. Eits, walaupun dekat dari PLTA, perjalanan kesana sangat curam. Jika musim hujan tiba, air danaunya akan berubah warna menjadi kecoklatan. Jalanan yang didominasi oleh bebatuan akan terasa licin saat kamu mencoba untuk berjalan kesana. Makanya, waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah saat cuaca cerah.

Nama Sanghyang Heuleut ini ternyata juga memiliki artian yang unik. Sanghyang diartikan sebagai sesuatu yang suci, sementara Heuleut adalah jeda. Fyi, kedalaman di danau ini mencapai 3 meter. Jangan lupa untuk memakai pelampung untuk Sobat Mojou yang nggak bisa berenang ya!

Selain danaunya yang cantik, ada lagi spot yang seperti dikatakan diatas, instagramable banget! Kamu bisa menaiki puncak tertinggi di tempat itu. Untuk sampai kesana, kamu membutuhkan sekitar 1,5 – 2 jam. Tapi yakin deh, setelah sampai diatas, itu semua akan tergantikan oleh pemandangan yang indah serta angin semilir yang langsung menghapus keringat lelahmu.

Nggak usah khawatir soal tiket masuk kesini ya, Sobat Mojou! Harga yang dipatok cuma 10 ribu per orang. Kalau kalian membawa kendaraan pribadi, cukup membayar 5 ribu untuk motor dan 10 ribu untuk mobil. 

 

Baca Juga : 4 Wisata Alam Kalimantan Timur, Calon Ibukota Baru

 

Sayangnya, Danau Sanghyang Heuleut masih belum dikelola oleh pemerintah. Kabarnya, akses seperti tangga, jembatan dan tempat parkir masih disediakan oleh masyarakat. Kan sayang banget! Semoga tempat wisata ini bisa mendapat perhatian ekstra dari pemerintah daerahnya ya, Sobat Mojou! (ans)

0

Comment here