ArtikelDestinasiJournal

Danau Natron, Danau Mematikan Di Afrika

moslemjourney.com— Danau adalah cekungan di permukaan bumi yang terisi oleh air. Ada dua macam danau, danau alami dan danau buatan. Keberadaan danau memiliki manfaat bagi manusia. Danau bisa digunakan sebagai destinasi wisata seperti Danau Toba di Sumatera Utara. 

Baca Juga : Danau Sanghyang Heuleut, Surga Tersembunyi Di Bandung

Atau digunakan sebagai sumber tenaga listrik seperti waduk PLTA Cirata dan waduk Ubrug PLTA. Kalau di atas adalah danau yang bisa bermanfaat bagi manusia, kali ini ada danau  yang mematikan tak hanya bagi manusia namun juga hewan-hewan yang tinggal. 

Nama danau itu adalah danau Natron. Berbeda dengan danau pada umumnya yang berwarna biru, air di danau Natron berwarma merah. Warna pada danau ini dihasilkan oleh Cyanobacteria. Juga akibat kandungan alkalinya yang tinggi, membuat danau unik ini memiliki kerak berwarna merah. 

Kandungan alkali pada danau yang terletak di Utara Tanzania, Afrika ini berada pada tingkat PH sebesar 10,5 , sementara tingkat PH yang bisa ditolerir makhluk hidup seperti manusia dan hewan hanya sampai 7. 

Nama Natron juga diberikan karena danau ini juga mengandung natron yang kuat, yakni natrium bikarbonat dan natrium karbonat yang biasanya berasal dari abu vulkanik dan mineral yang keluar dari gunung Ol Doinyo yang terletak tak jauh dari Danau Natron.  

Baca Juga : Nggak Usah Jauh – Jauh Ke Luar Negeri, Indonesia Juga Punya Destinasi Ini

Saking kerasnya kandungan mineralnya, jika hewan-hewan terjatuh maka tubuhnya takkan mengurai melainkan mengeras seperti mumi ! Berikut adalah foto-foto dari hewan yang mengeras itu Sobat Mojou.

Walaupun mematikan, ternyata ada beberapa jenis makhluk hidup yang bisa menghuni danau merah ini. Mereka adalah bangau dari jenis Lesser Flamingoes dan ikan sejenis nila. Berani untuk datang ke tempat ini, Sobat Mojou? Sepertinya sih nggak usah ya, mengingat jika terkena air ini sedikit saja, maka nyawa yang akan jadi taruhannya. Apakah kamu punya rekomendasi danau mematikan lainnya? Coba share di kolom komentar ya! (ans)

Comment here