DestinasiJournal

Daftar 5 Negara Terkecil Di Dunia

Sumber foto: Salamadian.com

Moslemjourney.com – Jika mendengar kata negara, apa yang ada dibenak Sobat Mojou? Tentu wilayah yang luas dan penduduk yang banyak. Padahal di dunia ini, terdapat negara yang memiliki luas wilayah terbilang kecil.

Bahkan saking kecilnya, ada juga luas wilayah negara yang hanya setara dengan luas kota pada umumnya. Walau kecil, yang namanya negara tentu pasti ada pemerintahan dan juga penduduk. Tak jarang, negara kecil juga memiliki alam yang indah atau tempat wisata yang menarik.

Untuk lebih jelasnya, berikut daftar 5 negara dengan luas terkecil di dunia.

1. Vatikan

Sumber foto: brilio.net

Negara Vatikan berada di Benua Eropa tepatnya di dalam Kota Roma, Italia. Luas wilayah negara ini hanya 0,44 kilometer persegi saja. Terlebih, menurut data di tahun 2017 negara ini berpenduduk sejumlah 100 jiwa.

2. Monako

sumber foto: idntimes.com

Negara ini berada di wilayah mediterania dan berbatasan langsung dengan Perancis. Dengan populasi penduduk sebanyak 36.000 jiwa namun wilayahnya hanya 2 km persegi, negara ini pun disebut sebagai negara terpadat di dunia.

3. Nauru

sumber foto: minanews.net

Nauru terletak di timur benua Australia. Negara ini memiliki luas 21 km persegi dan juga dikenal sebagai pulau terkecil di dunia. Pada tahun 1980-an, turis global menyebut Nauru “Pleasant Island” karena memiliki pendapatan per kapita tertinggi berkat tambang fosfatnya.

4. Tuvalu

sumber foto: traveller.com.au

Sama seperti Nauru, negara Tuvalu juga merupakan sebuah pulau yang terletak di Samudera Pasifik, Timur Australia. Negara ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 10.000 jiwa dan memiliki luas 26 km persegi. Tuvalu saat ini sedang gencar mempromosikan sector wisatanya.

5. San Marino

sumber foto: indonesiaconsult.com

Dengan luas 61 km persegi, San Marino menjadi salah satu negara terkecil di dunia. Negara yang berbatasan langsung dengan Italia ini dihuni oleh 30.000 penduduk. Uniknya, meskipun wilayahnya kecil San Marino menjadi salah satu negara dengan tingkat pengangguran terendah di dunia.

 

RDA

Comment here