BeritaNasional

D.I Yogyakarta Terapkan Calm Down Pada Warganya

Ilustrasi Yogyakarta Terapkan Calm Down - Moslem Journey

Moslem Journey – Pemerintah Daerah (Pemda) Istimewa Yogyakarta terapkan calm down dalam mengantisipasi penyebaran virus corona di wilayahnya. Menurut Pemda Yogyakarta, dengan melakukan calm down masyarakat mendapatkan ketenangan batin dan menguatkan kepercayaan diri masyarakat untuk tetap ingat dan waspada.

Selain itu, Pemda menilai kalau melakukan calm down lebih baik ketimbang penutupan akses (lockdown) dilakukan di Yogyakarta. Salah satu langkah calm down yang dilakukan Pemda, yakni mewajibkan masyarakat yang merasa kurang sehat dan merasakan gejala mirip virus corona, masyarakat diwajibkan untuk mengisolasi diri.

Dilansir dari CNN Indonesia, Senin (23/3), “Kalau merasa kurang sehat harus memiliki kesadaran dan menerima kalau wajib mengisolasi diri pribadi selama 14 hari, sama dengan masa inkubasi penyakitnya,” kata Gubernur D.I Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Dengan dilakukannya kebijakan ini, Sultan berharap dapat memperlambat penyebaran pandemi penyakit yang disebabkan oleh virus corona. Dia juga meminta pada masyaraktnya untuk membersihkan lingkungannya, menjaga jarak aman, dan sedapat mungkin menghindari keramaian.

Perlu diketahui, pada 18 Maret 2020 lalu, Pemda Yogyakarta menyatakan dua warganya positif terjangkit virus corona. Pasien pertama merupakan balita berusia tiga bulan dan pria paruh baya berusia 58 tahun yang kini diisolasi di RSUP dr Sardjito. Selain itu, di Yogyakarta terdapat 24 orang pasien dalam pengawasan Dinas Kesehatan.

Selain melakukan calm down untuk warganya, Daerah Istimewa Yogyakarta juga menutup beberapa tempat wisata dan destinasi di sekitar masyarakat. Berikut ini daftarnya, akibat virus corona:

  1. Museum Benteng Vredeburg, tutup sementara tanggal 16-30 Maret 2020
  2. Museum Perjuangan Yogyakarta, tutup sementara tanggal 16-30 Maret 2020
  3. Museum Sandi, tutup sementara tanggal 16 maret – batas waktu belum ditentukan
  4. Museum Jenderal Besar Sudirman, tutup sementara tanggal 16 maret – batas waktu belum ditentukan
  5. Museum TNI AD Dharma Wiratama, tutup sementara tanggal 16 maret – batas waktu belum ditentukan
  6. Istana Kepresidenan tutup sementara tanggal 16 maret – batas waktu belum ditentukan
  7. Museum Biologi UGM, tutup sementara tanggal 16-30 Maret 2020
  8. Museum Bahari Yogyakarta, tutup sementara tanggal 16-30 Maret 2020

Comment here