ArtikelDestinasiNasionalRekomendasiTahukah KamuTips

Cek Ketentuan Bagasi di 6 Maskapai Penerbangan Indonesia

sumber foto: penginapan.net

Moslemjourney.com – Sebelum memulai perjalanan liburan, ada baiknya Sobat Mojou memperhatikan semua barang-barang yang akan dibawa. Terutama bagi Sobat Mojou yang hendak menggunakan moda pesawat terbang.

Banyaknya barang bawaan harus sangat diperhatikan karena nantinya akan menyangkut urusan bagasi pesawat. Jika salah perhitungan, Sobat Mojou harus mengeluarkan biaya ekstra sebagai biaya tambahan bagasi.

Agar kejadian tersebut tidak menimpa Sobat Mojou, baiknya perhatikanlah ketentuan bagasi pada maskapai di Indonesia berikut.

1. Garuda Indonesia

Maskapai ini menerapkan dua kategori bagasi, Pertama adalah bagasi tidak terdaftar (kabin). Barang yang boleh diletakkan hanya 7 kg saja dengan panjang 56 cm, lebar 36 cm dan tebal 23 cm. Sedangkan untuk Economy Class CRJ dan ATR batas maksimumnya adalah panjang 41 cm, lebar 34 cm dan tebal 17 cm dengan berat 7 kg.

Yang kedua adalah bagasi bebas biaya. Pada kategori ini, untuk layanan domestik penumpang dewasa dengan kursi first class mendapat gratis 40 kg, kelas bisnis 30 kg dan kelas ekonomi 20 kg. Tidak hanya untuk penumpang dewasa, anak-anak dan bayi dengan kursi first class, bisnis dan ekonomi juga mendapat jatah bagasi bebas biaya.

Untuk ketentuannya first class mendapat 20 Kg, serta untuk bisnis dan ekonomi mendapat 10 Kg. Berbeda dengan rute domestik, bagasi gratis untuk rute internasional beratnya lebih besar.

2. Lion Air

Maskapai ini menerapkan aturan bagasi 0 kilogram. Maksudnya, kamu perlu membayar tarif bagasi saat check-in ketika akan menggunakan Lion Air. Tarif tersebut bisa berubah sewaktu-waktu tergantung berat, waktu dan jarak tempuh yang dilalui.

Lion Air juga memberi batasan kuota bagi penumpangnya yang ingin melakukan pembelian bagasi yaitu maksimal 30 kg. Tapi jangan khawatir, Sobat Mojou bisa memanfaatkan bagasi kabin tanpa dipungut biaya. Tapi dengan ketentuan dimensi barang tidak lebih panjang 40 sentimeter (cm), lebar 30 cm, dan tinggi 20 cm dan barang tidak boleh lebih dari 7 kilogram.

3. Citilink

Maskapai Citilink memberikan fasilitas bagasi terdaftar untuk setiap penumpangnya dengan ketentuan maksimal berat 20 kg. Sama seperti Lion Air, Citilink juga mematok tarif bagasi sesuai waktu dan jarak penerbangan serta berat barang bawaan.

Bagi barang kelebihan berat (excess baggage), tarif yang dipungut bervariasi. Saat ini ketentuan untuk rute domestik adalah berat maksimal 20 kg untuk pesawat A320 dan maksimal 10 kg untuk pesawat ATR. Sedangkan untuk rute internasional penumpang mendapatkan kuota maksimal 10 kg.

Tersedia pula untuk bagasi kabin maksimal 7 kg dengan dimensi maksimal 56 x 36 x 23 cm (untuk pesawat A320) dan dimensi maksimal 41 x 34 x 17cm (untuk pesawat ATR).

4. Sriwijaya

Untuk kelas ekonomi, ketentuan bagasi gratis di Sriwijaya Air adalah tidak boleh lebih dari 15 kg. sedangkan ATR tidak boleh lebih dari 10 kg. Sementara itu, dimensi tas atau koper yang dibawa ke dalam kabin disarankan tidak melebihi  56 cm x 33 cm x 23 cm dan berat 7 kilogram saja.

Hal tersebut diuapayakan agar barang bisa masuk dalam kompartemen atas kabin. Sedangkan menurut aturan bagasi Sriwijaya Air, tas tangan yang dibawa harus muat untuk diletakkan di bawah kursi penumpang selama perjalanan.

5. Air Asia

Bagasi gratis yang diberikan AirAsia Indonesia untuk penumpang domestik yakni seberat 15 kg saja. Bagi Sobat Mojou yang membawa barang melebihi ketentuan maka harus membayar biaya kelebihan bagasi.

Untuk ketentuan dimensi barang dalam bagasi kabin di Airasia, barang tidak melebihi ukuran 56cm (tinggi) X 36cm (lebar) X 23cm (panjang). Selain itu, barang yang dapat ditaruh di bawah kursi adalah satu tas Laptop atau satu tas tangan atau satu tas kecil. Ketentuan lainnya adalah barang yang dibawa ke kabin tidak boleh melebihi berat 7 kg.

6. Batik Air

Maskapai Batik Air menyediakan fasilitas bagasi tidak terdaftar. Artinya penumpang bisa membawa barang bawaan tidak lebih dari 7 kilogram ke dalam kabin. Tiap penumpang juga diperbolehkan membawa satu tas dan satu tas laptop atau tas tangan ke dalam kabin.

Untuk aturan bagasi, dimensi tas tidak boleh lebih dari 40 cm, tinggi 30, dan lebar 20 cm. Batik Air juga  memberikan fasilitas bagasi gratis kepada penumpang sebanyak 20 kg. Namun jumlah bagasi gratis bervariasi dan sesuai kelas perjalanan serta syarat dan ketentuan.

Aturan lainnya adalah berat koper tidak lebih dari 30 kilogram untuk penumpang kelas bisnis. Sedangkan untuk kelas ekonomi 20 kilogram.

Comment here