JournalLifestyle

Cara Tetap Bersilaturahmi Di Bulan Ramadan Saat Penyebaran Virus Corona

Tetap Bersilaturahmi Di Bulan Ramadan

Moslem Journey – Tetap bersilaturahmi di Bulan Ramadan saat penyebaran virus corona bukanlah perkara mudah, sebab kita dianjurkan untuk tetap berada di dalam rumah serta menjaga jarak aman (physical distancing) dengan orang lain dengan maksud menjaga kesehatan dan terhindar terpaparnya virus corona.

Meskipun demikian, sebagai seorang muslim kita diwajibkan untuk tetap menjaga silaturahmi serta berhubungan dengan sesama manusia, baik itu antar keluarga, teman, dan orang di sekitar kita. Untuk tetap menjaga silaturahmi dengan orang lain di saat seperti ini, kita dapat melakukannya dengan beberapa cara berbeda dari sebelumnya.

Bagi beberapa orang, mungkin kurang terbiasa dengan cara yang berbeda untuk menjaga silaturahmi ini. Sebab untuk merubah kebiasaan bukanlah hal yang mudah, berikut ini adalah cara tetap silaturahmi di Bulan Ramadan di tengah penyebaran virus corona yang dapat kalian lakukan.

1. Bersilaturahmi Melalui Handphone Atau Media Sosial

Hampir setiap orang memiliki smartphone/handpone dalam satu rumah, kita dapat memanfaatkan alat komunikasi tersebut untuk tetap bersilaturahmi di Bulan Ramadan dan di tengah penyebaran virus corona ini. Baik itu dengan telepon pulsa biasa atau melalui media sosial serupa dengan Whats App, Line, dan lain sebagainya.

Sekedar mengucapkan selamat berpuasa atau menanyakan kabar menggunakan handphone, silaturahmi antar sesama kita akan tetap terjaga dengan baik. Mengingat, handphone merupakan alat komunikasi yang sudah banyak dimiliki dan mudah digunakan di kehidupan sehari-hari.

2. Mengirim Bingkisan Ramadan

Mengirim bingkisan (parcel) Ramadan mungkin sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan bagi segelintir orang sebelum penyebaran virus corona terjadi. Dengan mengirim parcel ke sanak keluarga atau kerabat dapat tetap menjaga silaturahmi di saat berpuasa dan di tengah penyebaran virus corona.

Hingga kini, pengiriman parcel masih banyak yang beroperasi dan ditemukan di beberapa daerah, sehingga kalian dapat memanfaatkan hal tersebut. Namun, dalam pengirim parcel jangan lupa untuk memasukkan surat atau kartu ucapan yang berisi kata-kata penyemangat atau doa bagi penerima parcel tersebut.

3. Buka Puasa Bersama Online Dengan video conference

Sebelumnya, penggunaan handphone dapat digunakan untuk bersilaturahmi dengan telepon pulsa dan media sosial. Ternyata kita juga dapat memanfaatkannya sebagai video conference untuk berbicara langsung secara tatap muka tanpa harus menghiraukan jarak aman yang perlu diperhatikan.

Dengan video conference yang berjenis platform, seperti Google Meet, Zoom, Google Hangout, dan lain sebagainya kita dapat memanfaatkannya untuk buka bersama secara online. Meskipun tidak sama seperti buka puasa bersama dengan bertemu langsung, buka bersama ini dapat menjadi penyambung silaturahmi kita dengan yang lainnya.

4. Lakukan Physical Distancing Saat Bertemu

Melakukan physical distancing atau menjaga jarak aman minimal 1 hingga 2 meter dengan orang lain saat bertemu merupakan hal yang perlu dilakukan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kita dari sentuhan yang tidak disengaja maupun di sengaja degan orang lain.

Selain itu, kita juga dapat terhindar dari terpaparnya virus corona melalui percikan ludah orang lain.  Itulah mengapa pemerintah menganjurkan untuk menggunakan masker saat keluar rumah untuk kesehatan kita. Setelah dari luar rumah, jangan lupa untuk mengganti pakaian dan mandi supaya virus tidak hinggap di dalam badan kita.

5. Berdonasi Atau Kegiatan Amal Online

Cara terakhir untuk tetap melakukan silaturahmi di tengah penyebaran virus corona, yakni dengan berdonasi secara online. Berdonasi Atau kegiatan amal bisa dikatakan kegiatan silaturahmi yang dilakukan oleh sekelompok orang yang saling terhubung dengan tujuan dan rasa yang sama.

Kita dapat berdonasi online di lembaga resmi pemerintah atau swasta yang memiliki izin. Selain itu, kita juga dapat melakukan donasi atau amal ini dengan keluarga serta kerabat yang bisa dijadikan ajang silaturahmi satu degan lainnya.

Comment here