JournalTransportasi

Cara Mudah Mengurus Tilang Elektronik (ETLE)

etle-pmj.info/

moslemjourney.comBagi kalian yang terkena tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), pasti akan berpikiran akan sulit untuk mengurus sanksi tersebut. Padahal untuk mengurusnya tidak serumit apa yang kalian pikirkan, cukup dengan laptop yang terkoneksi internet dan tidak perlu repot-repot mengurusnya ke kantor polisi.

Untuk bisa mengurus sanksi tilang elektronik, kalian harus memiliki surat konfirmasi yang dikirim oleh petugas Ditlantas Polda Metro Jaya yang dikirimkan tiga hari sejak hari pelanggaran. Dalam surat akan terdapat data pemilik kendaraa, foto capture atau rekaman bukti pelanggaran yang kalian lakukan, serta nomor referensi pelanggaran.

Baca juga: Sistem Kerja Kamera Tilang Elektronik (ETLE) Menilang Para Pelanggar

Setelah menerima surat konfirmasi, kalian bisa mengkonfrimasinya melalui website etle-pmj.info. Kalian bisa melihat dari foto yang terlampir dalam surat, apakah yang menjadi pelanggar adalah kalian. Jika tidak, kalian bisa mengkonfimasinya di website dengan memilih “Bukan, sudah terjual” di data kendaraan dan “Bukan saya pengendaranya”.

Nantinya, kalian akan mendapatkan email yang memberikan informasi seputar biaya serta no. virtual account. Jika kalian mengkonfrimasi bukan pelanggar, STNK kendaraan akan terblokir secara otomatis oleh sistem ETLE. Untuk mengisi konfirmasi, kalian akan diberi waktu selama lima hari.

Baca juga: Daftar Penempatan 45 Kamera Baru Di Wilayah Perluasan Tilang Elektronik

Setelah melakukan konfrimasi dan mendapatkan email dari sistem ETLE, kalian akan mendapatkan surat tilang biru sebagai bukti pelanggaran serta kode pembayaran. Selanjutnya, kalian akan diberikan waktu tujuh hari lagi untuk melunasi atau membayar denda tilang. Apabila belum dibayar selama tujuh hari, maka STNK akan diblokir sementara sampai kalian membayar denda tersebut.

Nah, begitulah sobat Mojou untuk mengurus tilang elektronik atau ETLE. Tidak serumit yang kalian pikirkan, kalian hanya membutuhkan perangkat handphone atau laptop yang terkoneksi internet. Jangan lupa, untuk selalu tertib dalam berlalu lintas dan berhati-hati dalam berkendara.

(IF)

Comment here