JournalLifestyle

Cara Mudah Mengontrol Diri Konsumsi Makanan Saat Berpuasa

Mengontrol Diri Konsumsi

Moslem Journey – Saat menunaikan ibadah puasa Ramadan, banyak orang yang tidak dapat mengontrol diri untuk konsumsi makanan yang ingin mereka makan saat buka puasa. Tidak kekontrolan tersebut karena rasa lapar atau hasrat yang dirasakan selama tidak makan/ minum selama kurang lebih 13 jam.

Saat mengonsumsi makanan berlebihan di waktu buka puasa merupakan salah satu hal yang tidak baik untuk kesehatan. Karena dapat mengakibatkan perut menjadi sakit, munculnya rasa ngantuk, timbulnya rasa mulas, kram pada perut, dan gastritis (mag).

Padahal di waktu berpuasa Ramadan merupakan hal yang tepat untuk menunaikan ibadah sambil mengistirahatkan serta membersihkan organ dalam tubuh dari detoksifikasi. Bukan hanya itu saja, saat berpuasa tubuh akan mengeluarkan racun-racun yang ada dalam tubuh.

Sehingga mengontrol diri untuk mengonsumsi makanan saat berbuka puasa merupakan hal yang penting dilakukan saat menjalankan puasa. Untuk bisa mengontrol diri dari konsumsi makanan berlebihan saat buka puasa, kalian dapat melakukan beberapa hal berikut ini.

1. Jangan Lupa Makan Saat Sahur

Makan saat sahur menjadi hal yang penting dilakukan untuk melaksanakan puasa, sebab makanan yang dikonsumsi menjadi awal kebaikan yang diterima untuk tubuh. Dengan makan makanan yang sehat/bergizi akan memberikan energi sepanjang hari dan memungkinkan mengontrol diri untuk makan secukupnya saat buka puasa.

2. Konsumsi Makanan Secukupnya Saat Buka Puasa

Setelah berpuasa selama kurang lebih 13 jam sehari, perut akan merasakan sangat lapar dan akan timbul rasa ingin memakan makanan apa saja yang di lihat. Namun, apabila menuruti rasa ingin makan segalanya itu merupakan cara yang salah dan dapat membuat tubuh menjadi tidak sehat.

Sebaiknya makan makanan berat serupa nasi dan lauk pauknya beberapa saat setelah mengonsumsi makanan ringan atau takjil saat membatalkan puasa. Hal ini dilakukan untuk membantu organ pencernaan tubuh mudah untuk mencerna makanan dan nutrisi dari makanan yang di konsumsi.

3. Berbuka Puasa Dengan Makanan Yang Ringan

Saat berbuka puasa akan lebih baik diawali dengan meminum air hangat atau teh manis hangat lalu dilanjutkan dengan makan makanan ringan. Hal ini dilakukan untuk mengenalkan perut dengan makanan setelah beberapa jam kosong. Selain itu, jangan lupa untuk banyak minum air putih supaya tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

4. Memperhatikan Kebutuhan Tubuh Saat Berbuka Puasa

Cobalah untuk memperhatikan kebutuhan atau apa yang dirasakan oleh tubuh, seperti berhenti makan saat perut terasa begah/penuh. Kemungkinan yang dirasakan pada tubuh setelah membatalkan puasa dengan teh atau air hangat, tubuh merasa tidak memiliki rasa lapar yang berlebihan.

Berusahalah untuk tetap sadar mengonsumsi makan secara tidak berlebihan saat berbuka. Hal ini dilakukan untuk menjaga organ pencernaan tetap lancar dan dapat mencerna makanan sesuai porsinya.

Comment here