JournalLifestyle

Cara Bebas Virus Dan Kuman Saat Naik Transportasi Umum

Naik Transportasi Umum

Moslem Journey – Penyebaran virus atau kuman dapat terjadi kapan dan dimana saja tanpa mengenal tempat, terutama di wilayah atau benda yang menjadi tempat berkumpulnya orang dan ramai dikunjungi. Salah satunya saat naik transportasi umum yang menjadi tempatnya seseorang berpindah satu tempat ke tempat lainnya.

Apalagi seperti waktu penyebaran virus corona yang sedang sedang terjadi di seluruh dunia, membuat masyarakat untuk lebih menjaga diri guna terbebas dari virus tersebut saat menggunakan transportasi umum. Untuk dapat menjaga diri atau terhindari berbagai dari virus atau kuman saat naik transportasi umum, berikut tipsnya.

1. Menjaga Kebersihan Tangan Tiap Saat

Menjaga kebersihan tangan yang baik serta efisien dengan cara mencuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir selama 20 detik. Lakukan hal ini sebelum dan sesudah makan serta aktivitas yang dilakukan, terutama saat beraktivitas di transportasi umum.

Selain itu, ketika berada di luar rumah dan tidak ada air serta sabun, gunakan hand sanitizer atau pembersih tangan yang mengandung alkohol 60-70 persen yang efektif membasmi kuman, bakteri, serta virus pada tangan. Gunakan hand sanitizer selama 20 detik dan beraktivitas/makan setelah kering.

Namun, penggunaan hand sanitizer untuk membersihkan tangan sangat tidak disarankan untuk terlalu digunakan, supaya dapat menyeimbangkan mikroba baik yang ada di tangan tetap seimbang serta menjaga kulit tetap lembab dan tidak iritasi pada tangan.

2. Menggunakan Masker Dan Kurangi Kebiasaan Menyentuh Wajah

Saat ke luar rumah terutama saat di transportasi umum, jangan lupa untuk menggunakan masker guna mencegah virus atau kuman masuk ke dalam tubuh. Sebab, virus dapat masuk ke dalam tubuh melalui droplet (partikel kecil) dari bersin atau batuk seseorang. Disarankan untuk menggunakan masker bedah atau kain berlapis yang tebal.

Saat menggunakan atau melepas masker jangan menyentuh bagian dalam serta luar masker, dan jangan juga membiasakan menyentuh bagian wajah seperti menggaruk pipi atau menggosok hidung. Sebab bagian wajah sangat sensitif dan dapat menjadi jalur termudah virus atau kuman masuk ke dalam tubuh.

 3. Menjaga Diri Dari Raung Lingkup Orang Lain

Maksud dari ruang lingkup orang lain, yakni hindari kerumunan dan menjaga jarak dengan orang lain saat menggunakan transportasi umum atau di luar rumah. Sebab penyebaran virus terutama virus corona yang sedang mudahnya menyebar saat ini, dapat menyebar dengan mudah dalam kerumunan orang melalui bersin atau batuk.

Lakukan physical distancing (jaga jarak aman) sejauh 1,5 hingga 2 meter dengan orang lain. Apabila merasa sakit, seperti pusing, pilek, batuk, tubuh lesu, atau demam sebaiknya tetap berada di rumah. Sebab saat kondisi tubuh seperti ini, tubuh akan mudah terserang virus dan kuman sehingga memperparah keadaan.

4. Kurangi Memegang Benda Mati Di Luar Ruangan

Benda mati di sekeliling luar rumah, biasanya akan banyak terpapar virus dan kuman  dari segala sumber, apalagi transportasi umum yang beroperasi menerima banyak orang dan jalan raya. Akan membutuhkan waktu beberapa menit atau jam, virus atau kuman tersebut akan hilang dari benda mati.

kalau bisa, hindari memegang tiang pegagang atau pintu yang ada di transportasi umum menggunakan tangan dan gunakan pinggul, sikut, atau punggung tangan untuk bersentuhan dengan benda tersebut. Hal ini dilakukan supaya mencegah terpapar dengan virus atau kuman yang menempel di tiang pegagang atau pintu transportasi umum.

Selain itu, jangan juga terlalu sering menggunakan handphone di luar rumah atau transportasi umum agar virus atau kuman tidak menempel pada handphone. Untuk membersihkannya handphone yang terpapar bakteri atau kuman, dapat menggunakan cairan kering dan alkohol.

Selain itu, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat yang dapat menjaga daya tahan tubuh dari virus, terutama virus corona yang sedang dirasakan di berbagai negara. Seperti memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung berkarbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

Serta jangan lupa untuk mengosumsi air mineral yang cukup sebanyak delapan gelas dalam satu hari. Hindari minuman berkarbonasi (pemanis buatan), supaya tubuh dapat terhidrasi dengan baik. Selai itu, jangan lupa untuk berolah raga yang serta tidur yang cukup.

Comment here