JournalTips

Cara Aman Berbelanja Ke Supermarket Di Tengah Ancaman Virus Corona

Ilustrasi Cara Aman Berbelanja - Moslem Journey

Moslem Journey – Memiliki cara aman berbelanja ke supermarket atau tempat berbelanja lain di tengah ancaman virus corona menjadi alternatif pemikiran yang perlu dipikirkan apabila terpaksa untuk dilakukan.

Mengingat ancaman virus corona sampai saat ini belum dapat dikendalikan dan terbilang mudah menular ke orang lain, sehingga perlu antisipasi yang tepat untuk menekan penularan virus corona lebih meluas.

Tanpa disadari supermarket juga menjadi salah satu tempat berisiko seseorang tertular virus corona melalui perantara permukaan benda yang terpapar virus corona.

Melalui permukaan benda tersebut apabila seseorang memegangnya dan menyentuh muka langsung tanpa terlebih dahulu mencuci tangan, orang tersebut dapat berisiko tertular virus corona.

Dengan demikian, apabila terpaksa untuk berbelanja kebutuhan pokok atau obat-obatan ke supermarket di tengah ancaman virus corona dan aman dari penularan virus corona, berikut tipsnya.

1. Pahami Kesehatan Diri Saat Ini

Saat terpaksa pergi berbelanja ke supermarket, lakukanlah saat keadaan sedang sehat dan tidak memiliki gejala terkait virus corona seperti demam/panas di atas 38 derajat, sesak nafas, batuk maupun pilek.

Jangan memaksakan diri untuk tetap keluar rumah apabila sedang dalam keadaan tidak enak badan karena hal tersebut dapat menambah risiko tertular penyebaran virus corona.

Apabila memaksa keluar dengan keadaan tersebut meskipun menggunakan masker medis/kain berlapis sekalipun, tubuh akan tetap berisiko tertular karena imun sedang dalam keadaan tidak stabil serta mudah terpapar virus.

2. Batasi Kunjungan Ke Supermarket

Batasilah kunjungan/berbelanja ke supermarket dalam waktu satu atau dua kali dalam satu minggu dan datanglah saat supermarket di waktu sepi/menghindari yang ramai karena penularan virus corona masih terus menyebar.

Sebelum datang ke supermarket catatlah kebutuhan pokok harian atau obat-obatan yang diperlukan, periksa semua tempat penyimpanan untuk tidak ada yang terlupakan. Supaya menghindari belanja ke supermarket di waktu yang berdekatan.

Agar cara aman berbelanja ini dapat berjalan dengan baik, jangan lupa untuk menjaga jarak aman (physical distancing) sejauh dua meter dengan pengunjung supermarket lainnya.

3. Gunakan Pembayaran Non-Tunai

Saat melakukan pembayaran di kasir, sebisa mungkin mengunakan pembayaran non-tunai untuk menghindari menyentuh permukaan benda berupa uang secara langsung yang tidak tahu asalnya.

Untuk pembayaran non-tunai dapat digunakan degan uang elektronik atau kartu debit yang dimiliki. Jangan untuk mengelap handphone atau kartu  tersebut dengan kain bercairan disinfektan setelah digunakan.

4. Mencuci Tangan Sebelum Maupun Setelah Berbelanja Ke Supermarket

Sebelum ataupun setelah berbelanja ke supermarket jangan lupa untuk mencuci tangan secara menyeluruh serta rutin menggunakan air yang mengalir dan sabun.

Jika tidak dapat melakukan hal tersebut, dapat menggunakan cairan pembersih tangan (hand sanitizer) yang mengandung 60 persen. Gosokkan hand sanitizer secara menyeluruh di permukaan tangan hingga kering.

Comment here