ArtikelJournalPilihanRekomendasi

Bukan Cuma Untuk Ibadah, 4 Masjid Ini Unik Banget!

http://simas.kemenag.go.id/index.php/profil/masjid/71/

Moslemjourney.com– Masjid adalah tempat yang digunakan umat Muslim untuk beribadah. Di Indonesia sendiri, lebih dari 40 ribu masjid umum yang berdiri, menurut website dari Kemenag. Namun bagaimana jika menemukan masjid dengan desain arsitektur yang unik. Berikut adalah ulasan masjid – masjid unik yang tersebar di seluruh Indonesia.

1. Masjid “Perahu” Safinatun Najah

https://www.pegipegi.com/travel/8-fakta-kapal-nabi-nuh-di-masjid-safinatun-najah-semarang/
https://www.pegipegi.com/travel/8-fakta-kapal-nabi-nuh-di-masjid-safinatun-najah-semarang/

Masjid yang dibangun sejak tahun 2015 ini terinspirasi dari kisah Nabi Nuh As yang diperintahkan Allah SAW untuk menyelamatkan kaum Muslimin dari banjir Bandang dengan naik kapalnya. Masjid yang memiliki makna penyelamat ini terletak di tengah-tengah sawah di Jalan Kyai Padak, Padaan, Podorejo, Semarang. Masjid ini memiliki 3 lantai. Lantai dasar untuk wudhu, toilet dan ruang serba guna, lantai kedua untuk beribadah dan lantai paling atas terdapat perpustakaan. Layaknya perahu sungguhan, masjid ini juga memiliki buritan dan haluan.

2. Masjid Tiban 

https://tebuireng.online/kemegahan-masjid-tiban-malang-benarkah-dibangun-oleh-bangsa-jin/
https://tebuireng.online/kemegahan-masjid-tiban-malang-benarkah-dibangun-oleh-bangsa-jin/

Masjid yang megah ini merupakan Pondok Pesantren bernama Salafiyah Bihaaru Bahri’asali Fadlaailir Rahmah. Masyarakat berkata demikian karena tak pernah melihat proses pembuatannya. Masjid yang berlokasi di Jalan KH. Wahid Hasyim Gang Anggur Nomor 10, RT 07/RW 06 Desa Sananrejo, Turen, Kabupaten Malang, sekitar 40 kilometer dari Kota Malang. Masjid yang didirikan oleh pendirinya langsung, KH Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh Al-Mahbub Rahmat Alam. Para pengunjung yang membawa kendaraan roda dua atau empat bisa langsung parkir melalui pos informasi 1, selanjutnya akan diarahkan menuju lahan parkir dan informasi 2. Sementara bagi pejalan kaki bisa langsung menuju pos informasi 2 melalui lorong dengan warna kemasan. 

Baca Juga : Berkunjung ke 5 Masjid Tertua di China

3. Masjid Raya Sumatera Barat

Masjid yang berdiri tanpa kubah ini berlokasi di Jalan Khatib Sulaiman, Alai Parak Kopi, Kec. Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat 25173. Dilansir dari Kompas, masjid ini sebagai wujud falsafah Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah yang berarti adat yang didasarkan, ditopang oleh syariat agama Islam berdasarkan Al Quran dan Hadist. Masjid yang kental dengan budaya Minang ini juga mampu menampung jamaah hingga 20.000 orang. Uniknya, saking besarnya masjid ini pintunya juga sangat banyak sampai mendapat julukan masjid seribu pintu.

4. Masjid Al Irsyad

http://simas.kemenag.go.id/index.php/profil/masjid/71/
http://simas.kemenag.go.id/index.php/profil/masjid/71/

Masjid yang dibangun oleh Ridwan Kamil yang saat ini juga menjabat sebagai Walikota Bandung ini terlihat begitu artistik dan pastinya filosofis. Diresmikan pada 27 Agustus 2010 lalu, masjid ini berbentuk kubus. Benar-benar bukan seperti masjid pada umumnya. Masjid ini ternyata terinspirasi dari Kabah, sebuah bangunan yang sederhana namun memiliki makna agung. Ketika masuk ke dalam, sebanyak 99 buah lampu terpasang pada langit-langit yang menyimbolkan nama-nama Allah atau Asmaul Husna. Ketika lampu menyala, simbol Asmaul Husna itu akan tampak pada setiap lampu-lampu berbentuk kotak panjang tersebut. (ans)

Baca Juga : Daftar Informasi Masjid di Korea Selatan

 

 

Comments (1)

Comment here