JournalKesehatan

Buah Dan Sayur Alternatif Pengganti Air Putih Yang Menggandung Banyak Cairan Untuk Tubuh

moslemjourney.com – Sebagian besar system tubuh manusia memiliki kandungan air yang jangan sampai kekurangan. Karena apabila kekurangan air, Sobat Mojou akan mengalami dehidrasi dan tubuh dapat berfungsi dengan baik. Idealnya, mengomsumsi air putih yang baik sebanyak 2 liter atau 8 gelas setiap hari.

Namun, apabila Sobat Mojou berasa tidak terbiasa untuk meminum air putih setiap hari. Mungkin Sobat Mojou bisa melakukannya pelan-pelan dan mulai membiasakan diri untuk mengomsumsi air putih setiap harinya. Untuk alternatif lainnya sebagai pengganti cairan dalam tubuh, Sobat Mojou dapat mengomsumsi buah yang mengandung banyak air.

Berikut ini 5 buah dan sayur yang mengandung banyak air yang mungkin bisa Sobat Mojou komsumsi setiap hari sebagai menambah cairan air dalam tubuh.

  1. Mentimun

Mentimun memiliki kandungan air yang paling banyak diantara buah atau sayuran lainnya, kadar air dalam mentimun bisa mencapai sekitar 95 sampai 96.7 %. Seluruh isi didalam kulit mentimun adalah air, sehingga mengkomsumsi mentimun dapat dengan cepat menghilangkan haus. Menitimun juga mengandung vitamin C, vitamin K, kalium, dan asam kafeik.

Sehingga mentimun dapat digunakan sebagai peredam bengkak pada mata dan iritasi sinar matahari. Selain itu, mentimun memiliki khasiat lain untuk kesehatan seperti:

–          Air mentimun dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh;

–          Kandungan zat Flavonoid (Fisetin) dalam mentimun dapat meningkatkan kesehatan otak;

–          Mentimun juga memiliki serat yang tinggi untuk meningkatkan pencernaan;

–          Irisan mentimun dapat mengurangi lingkaran hitam di bawah mata;

–          Mentimun juga dapat dijadikan masker wajah menggunakan jus mentimun dapat meperbaiki corak kulit;

–          Mengomsumsi mentimun secara teratur dapat mengurangi penyakit batu ginjal.

Baca juga: Yuk, Nikmati Hidangan Makanan Sambil Melihat Pemandangan Bawah Laut Di 5 Restoran Ini

  1. Tomat

Setelah mentimun, tomat menjadi buah atau sayuran yang memiliki kadar kandungan air yang cukup banyak. Sekitar 94 % dalam tomat adalah air, dalam tomat juga mengadung vitamin A, vitamin C, dan antioksidan yang dapat mencegah penyakit jantung dan kanker prostat. Selain itu, tomat juga memiliki khasiat lain untuk kesehatan, seperti:

–          Mengurangi resiko degenerasi yang membuat kehilangan penglihatan;

–          Jika dikomsumsuu terarut, tomat dapat mengurangi resiko hiportensi;

–          Tomat mengadung Konsentrasi zat Lycopene (fitokimia) yang tinggi, sehingga dapat meminimalkan resiko kanker;

–          Dapat meningkatkan kesehatan kulit;

–          Tomat mengandung zat Potasium yang tinggi, sehingga dapat mengatur tekanan darah

  1. Semangka

Saat memikirkan buah yang memiliki kandungan air yang banyak, pastinya sebagian besar Sobat Mojou akan berpikir ke buah semangka. Karena semangka terlihat sangat menyegarkan dan banyak air yang keluar dari dalam semangka. Kandungan air yang dimiliki semangka sebanyak 92 % dan mengadnung banyak nustrisi, seperti vitamin C, vitamin A, magnesium, serta antioksidan.

Dengan adanya antisoksidan seperti likopen, membuat tubuh Sobat Mojou tetap terjaga dari terhidrasi dan mengurangi nafsu makan. Selain itu, semangka juga memiliki khasiat kesehatan lain, seperti:

–          Zat Fitonutrien yang bersumber dari Lycopene, secara efektif dapat melawan sel kanker;

–          Semangka juga memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan fungsi pencernaan;

–          Dan jumlah vitamin A yang tinggi dalam semangka sangat baik untuk rambut dan kulit.

Baca juga: Mampir Yuk! Ini 5 Restoran Halal di Hongkong

  1. Belimbing

Siapa sih yang tidak mengenal buah belimbing? Buah berbentuk unik dan memilik kombinasi rasa manis dan asam yang menggelinjat serta segar di lidah. Meskipun rasanya seperti begitu, belimbing memiliki kadar kandungan air sebanyak 91 %. Belimbing juga memgandung vitamin C dan antioksidan.

Dengan adanya antisoksidan seperti epicatechin yang dapat mencengah dehidrasi dan membuat jantung lebih sehat. Namun, bagi Sobat Mojou yang memiliki penyakit ginjal, jangan mengomsumsi belimbing. Karena mengandung kadar asan oksalatnya yang tinggi yang sangat membahayakan tubuh. Selain itu, belimbing juga memiliki khasiat kesehatan lain seperti:

–          Belimbing memilik kandung flavonoid dan antioksidan yang tinggi, sehingga dapat melawan peradangan;

–          Belimbing memilik kandungan serat tinggi yang dapat membantu penurunan berat badan;

–          Belimbing juga dapat menyembuhkan sakit kepala;

–          Sebagai sumber potassium yang kaya, belimbing dapat meningkatkan kesehatan jantung dan menyeimbangkan tekanan darah.

  1. Stoberi

Sama seperti buah belimbing, stoberi memiliki kandungan air sebesar 91 %. Stoberi juga memiliki kandungan vitamin C, mangan dan antioksidan yang dapat mencegah dehidrasi dan berbagai macam peradangan. Selain itu, soberi juga memiliki khasiat kesehatan lain seperti:

–          Mengomsumsi stoberi secara rutin dapat mengurangi terjadinya peradangan hingga menurunkan penyakit jantung, diabetes, dan berbagai jenis penyakit lain;

–          Stoberi memiliki vitamin K dan zat Magnesium yang tinggi, sehingga dapat memperbaki tulang;

–          Pigmen (Flavonoid) yang ada di stoberi dapat mengurangi resiko penyakit kardiovaskular;

–          Buah stoberi juga memiki vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Nah itulah buah dan sayur yang memiliki banyak kandung air. Meskipun memiliki banyak kandungan air, Sobat Mojou jangan sampai lupa untuk meminum air putih juga. Sehingga tubuh Sobat Mojou memiliki kandungan air yang seimbang dan cukup.

(IF)

Comment here