ArtikelBeritaJournalNasionalRekomendasiTahukah KamuTeknologiTransportasi

Bingung Menggunakan Mesin Chek-in Mandiri? Ini Caranya

Mesin chek in mandiri di Bandara Soekarno Hatta. Sumber foto: Tribunnews.com

Moslemjourney.com – Sejak 2017, PT Angkasa Pura telah memperkenalkan layanan baru berupa check in mandiri di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. Dengan adanya mesin check in mandiri, penumpang tidak perlu repot antre dalam waktu yang lama hanya untuk check in.

Layanan mesin chek in mandiri telah tersedia di Terminal 1,2 dan 3 Bandara Soekarno Hatta. Mesin ini juga diharapkan dapat memecah antrean di tempat check in konvensional.

Dilaporkan Kompas.com pada Senin (16/12), Senior Manager Branch Angkasa Pura II Febri Toga Simatupang menyebutkan mesin ini sangat mudah digunakan dan dikhususkan untuk orang yang tidak membawa banyak barang.

“Biasanya milenial atau orang yang travel untuk bisnis tidak banyak bawa barang, jadi tidak perlu antre di check in konvensional, mudah tinggal pakai mesin seperti  mesin ATM saja,” kata febri Jumat (13/12).

Bagi Sobat Mojou yang penasaran dan masih bingung bagaimana cara menggunakan mesin check in mandiri, berikut caranya.

1. Pilih Maskapai

Pada tampilan layar mesin check in akan muncul pilihan berbagai maskapai yang akan Sobat Mojou gunakan. Untuk Terminal 1A terdapat maskapai Lion Air, sedangkan untuk Terminal 1B terdapat maskapai Airfast, Lion Air dan TransNusa. Sedangkan untuk Terminal 2 terdapat maskapai Sriwijaya Air, Nam Air, Air Asia dan Citilink. Tepat di sebelah kanan mesin check in pada terminal 1 dan 2 ini terdapat timbangan yang bisa dipergunakan untuk menimbang barang bawaan Sobat Mojou.

2. Masukkan Informasi Keberangkatan

Setelah memilih maskapai yang akan digunakan, Sobat Mojou bisa memasukkan informasi keberangkatan seperti informasi kode booking tiket, nomor tanda pengenal, nama penumpang atau bisa juga Sobat Mojou langsung scan kode booking yang ada di tiket.

3. Scan Tanda Pengenal

Di beberapa mesin check in, mesin akan meminta untuk melakukan scan tanda pengenal. Biasanya hal tersebut ditemukan di mesin check in Terminal 1 dan Terminal 2. Sobat Mojou bisa langsung menempelkan e-KTP atau paspor di tempat scan yang tersedia.

4. Pilih Kursi

Untuk maskapai yang menyediakan pemilihan kursi, Sobat Mojou bisa langsung memilih tempat duduk di pesawat. Namun, itu tergantung pada kategori kelas pesawat dan juga waktu check in ya. Maka alangkah baiknya Sobat Mojou check in lebih awal.

5. Boarding Pass

Apabila data diri sudah diverifikasi, maka boarding pass akan diterbitkan. Usai mendapatkan boarding pass, bagi Sobat Mojou yang masih menunggu jadwal penerbangan maka bisa menunggu di Shopping Arcade. Setelah itu, bisa melanjutkan untuk menjalani pemeriksaan X-ray dan menunggu penerbangan di boarding lounge.

Comment here