Berita

Bingung dengan istilah HALAL? Yuk datang ke festival ini!

Kalau dengar kata “Halal” apa yang terlintas dipikiran kamu? Apa istilah “Halal” tersebut khusus diperuntukkan bagi yang beragama islam saja? Nah, kamu bisa cari tau dengan datang ke ISEF (Indonesia Sharia Economic Festival). ISEF sendiri sudah dimulai pada tahun 2014 oleh Bank Sentral Indonesia yang merangkul kemitraan dengan semua pemangku kepentingan utama sektor Ekonomi dan Keuangan Syariah di Indonesia.

ISEF berkomitmen untuk lebih global dengan maksud tidak hanya bermain di dalam negeri saja. Tahun ini, ISEF akan meningkatkan levelnya ke internasional untuk menyoroti posisi Indonesia sebagai pusat pengembangan ekonomi dan keuangan syariah terkemuka di dunia. 

Mengusung tema Ekonomi Syariah Sebagai Mesin Baru Menuju Pertumbuhan yang Lebih Kuat dan Berkelanjutan, ISEF bertujuan membuat ekonomi dan keuangan Islam ke dalam Kebijakan Nasional dan Internasional untuk menjadikan negara Indonesia sebagai pusat keunggulan dalam industri ekonomi dan keuangan syariah secara global.

“Masing masing aktivitas usaha itu satu sama lain saling ketergantungan. Ada makanan, pakaian, transportasi, destinasi wisata. Itu semua terkait. Maka dari itu kita membuat rantai nilai halal,” Ujar pihak ISEF ketika sedang mempresentasikan tujuan mereka.

“Paling tidak ada 4 pilar untuk mewujudkan ini semua diantara yaitu Mendukung, Mendorong, Berkoordinasi dan Bersinergi. Itu semua berbarengan dilakukan supaya komplek dari keseluruhan industri halal bisa diciptakan”, Tambahnya.

Dan untuk mensukseskan tujuan tersebut, ISEF tentunya menselaraskan dengan prinsip dan nilai-nilai syariah. ISEF juga berharap bisa menjadi platform yang terintegrasi pertama untuk peningkatan daya saing global bagi Ekonomi dan Keuangan Syariah. Dihadiri oleh beberapa narasumber dari kalangan publik figur, selebgram hingga presenter seperti Adrian Maulana, Dik Doank, Natasha Rizki, Alyssa Soebandono, Oki Setiana Dewi, Dian Ayu Lestari, Zee Zee Shahab, Hamidah dan Citra Kirana untuk berbicara tentang industri halal di Indonesia.

Citra Kirana sebagai publik figur melihat Indonesia kayaakan destinasi wisata yang bisa dieksplore keunikan dan keindahannya. Apalagi Indonesia mayoritas adalah muslim. “Sebenarnya di Indonesia banyak ya yang bisa dikembangkan menjadi wisata halal. Karena kan Indonesia kaya akan wisata yang bagus dan indah dilihatnya. Dan yang pastinya kalau wisata halal sangat memudahkan kita sebagai umat muslim untuk mencari masjid terdekat, restoran yang halal, jadi kita jalan jalan juga tidak takut untuk sulit beribadah”, Ucap Citra Kirana saat menjelaskan harapannya tentang wisata halal di Indonesia.

Festival ini diselenggarakan mulai dari hari Rabu, 13 November 2019 hingga Sabtu, 16 November 2019. Tidak hanya pameran, namum festival ini juga mengadakan seminar. Di hari pertama sendiri akan digelar tentang “Sustainable Finance” berupa talkshow wakaf produktif. Di hari ke dua (kamis) 14 November 2019 tentang “Halal Service” berupa tourism, travel & hospital. Di hari ke tiga (jumat) 15 November 2019 “Organic and Healthy Food” yang berisikan Talkshow dan demo masak. Dan hari terakhir “Sustainable and Ethical Lifestyle” yang di dalamnya akan ada makeup tutorial, hijab styling, kompetisi fun manual coffee brewing dan hijrah fest. 

Menarik bukan? Kamu bisa bertanya, sharing dan menyimak banyak hal tentang label halal dari berbagai sudut pandang, baik itu dari segi gaya hidup, destinasi, kuliner dan perekonomian tentunya. Dan untuk masuk ke festival ISEF ini Free entry lho. So, jangan sampai terlewatkan ya. (fsp)

Comment here