ArtikelPilihan

Biar Nggak Repot Cari yang Halal di China, Ke Sini Aja

Moslem Journey – Agama Islam pertama kali tiba di China pada sekitar tahun 615 M. Pada masa kepemimpinan Utsman Bin Affan Radhiyallahu Anhu, beliau menugaskan Sa’ad bin Abi Waqash untuk membawa ajaran Islam ke China. Pada saat itu rombongan muslim diterima baik oleh Kaisar Yong Hui dari Dinasti Tang. Kaisar China sangat menunjukkan toleransinya dengan memperbolehkan umat Islam tidak melakukan tradisi penyembahan di hadapan kaisar. Mereka paham bahwa Islam tidak menyembah manusia.

Atas izin dari Kaisar Hui, Saad bin Abi Waqash bisa mendirikan tempat ibadah yang saat ini dikenal dengan Masjid Saad bin Abi Waqash yang terletak di Provinsi Guanzhou. Konon Saad bin Abi Waqash meninggal di China dan makamnya dikenal dengan Geys Mazars. Berbicara tentang muslim di China. China merupakan negara minoritas muslim. Meskipun minoritas, umat Islam tersebar di setiap wilayah di China. Paling banyak ditemukan di barat laut Provinsi Xinjiang, Gansu, dan Ningxia.

Baca juga: Berkenalan Dengan Warna-Warni Dasar Rambu Lalu Lintas

Seiring berjalannya waktu, populasi muslim di China bertambah dan banyak juga rintangan yang harus mereka hadapi karena kebijakan politik di China. Meski menjadi kaum minoritas, mereka kompak membuat sebuah komunitas muslim yang saat ini sudah banyak terbentuk. Mereka berusaha melestarikan peninggalan sejarah Islam. Hingga tempat yang mereka tinggali juga telah menjadi destinasi wisata menarik muslim.

Salah satunya adalah Kampung Muslim di China yang bernama Wuzhong Muslim New Village di Provinsi Ningxia. Wuzhong Muslim New Village merupakan perumahan yang sengaja dibangun oleh pemerintah provinsi Ningxia sebagai bentuk perhatian agar bisa dihuni oleh Suku Hui yang beragama islam. Rumah- rumah di kampung muslim ini tampak seragam dengan tembok-tembok putih serta gapura di depan rumah. Ketika datang ke sana, kamu akan disambut dengan aksi bela diri dari kaum laki-laki Suku Hui, kemudian diberi hidangan makanan halal yang mereka ambil bahannya dari ladang mereka sendiri.

Di kampung muslim, Sobat Mojou akan mudah menemukan masjid serta makanan halal. Pengunjung bisa merasakan terlempar ke masa silam saat dimana Islam mulai masuk dan berkembang di negara berpenduduk mayoritas beragama Buddha itu. Pengunjung beragama Islam pun tak perlu pusing dengan makanan karena pengelola wisata pada umumnya menyediakan makanan halal. Masjidpun mudah ditemui di provinsi dengan penduduk beragama Islam sekitar 2 juta jiwa, atau sepertiga dari total 6 juta penduduknya itu. Mereka mengelola ladang pertanian, dengan produksi terbesar jagung dan padi, kini terus berkembang menjadi daerah maju meski terletak di ”pedalaman” China. Kehidupan warga dan sejumlah obyek wisata lain khas kawasan itu tentu menjadi andalan penarik wisatawan mancanegara, termasuk non muslim.(cm)



Comments (4)

  1. how does facebook make money how to make money online how to earn money online or gift cards to amazon make money online best ways to make money how to make money blogging

    ways to make extra money make money make money online how can i make money legit ways to make money online

    https://www.fresher.ru/elz/ – make money

  2. Wһat’s Taking place i am new tto this, I stumbled upon this I’ve discovereԁ
    It absolutely helpful and iit has aided me out loads.
    I hope to contгibute & assist other users likе its helⲣed me.
    Good job. https://qwertty.net/

  3. Мʏ brother suցgested I might like this ԝebsite.
    He waas entіrely right. This post actually made my day. You cann’t imagіne simply һow muϲh time I had spent for this info!
    Thanks! https://coltagainst.pro/v2/a/skm/128082

Comment here