ArtikelDestinasiJournal

Berwisata Ke Hutan Lebat Rimbo Panti

https://www.raunsumatra.com/home/blog/cagar-alam-rimbo-panti/

moslemjourney.com— Hutan lebat ini terletak di Panti, Pasaman, Kabupaten Pasaman, Provinsi Sumatera Barat. Beberapa akses bisa kamu pilih untuk datang ke tempat ini. Yang pertama, jika kamu datang usat kota Lubuk Sikaping, kamu akan menempuh perjalanan sejauh 30 km. 

Kedua kamu bisa datang dari Kota Padang dengan menempuh perjalanana sejauh 108 km dan 101 kilometer jika kamu datang dari kota Bukittinggi. Kamu juga akan dikenakan biaya masuk. Nggak mahal kok, orang dewasa hanya membayar sebesar 2.500 rupiah sementara anak-anak sebesar 1.500 rupiah.

Hutan seluas 2.550 hektar ini sudah terkenal dari dulu sebagai tempat perlintasan yang menghubungkan Provinsi Sumatera Barat dan Sumatera Utara. 

Baca Juga : 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Saat Musim Salju

Hutan lebat ini juga sudah ditetapkan pemerintah sebagai cagar alam sejak tahun 1979. Makanya, kamu akan menemukan hewan-hewan yang harus dilindungi  di sini seperti Harimau Sumatera, beruang madu, tapir, siamang, simpai, dan murai. 

Kawasan hutan lebat ini meliputi hutan rawa, hutan hujan tropis, dan hutan sekunder yang juga merupakan habitat bagi tumbuhan langka seperti bunga bangkai (Amorphophalus titanum), bunga raksasa (Rafflesia arnoldi), berbagai jenis anggrek serta pohon Andalas (Morus macroura).

ilustrasi bunga bangkai

Di hutan lebat kamu bisa menemui banyaknya sumber air panas. Suhu air mencapai 100 derajat celcius. Saking panasnya, pihak pengelola cagar alam sampai menyediakan telur biasa untuk dipanggang di air panas ini. Nggak perlu nunggu lama, telurnya bisa langsung kamu santap.

Menarik juga ya, berwisata di kawasan hutan lebat ini. Selain ada banyak aktivitas yang bisa kita lakukan, kamu juga bisa sekalian menyegarkan pikiran setelah sehari-hari menyaksikan kendaraan bermotor berjejalan di jalan raya. Apakah kamu ada rekomendasi hutan lebat lainnya? Coba tulis di kolom komentar ya! (ans)

Baca Juga : Sebelum Traveling Ke Luar Negeri, Perhatikan 5 Peraturan Ini !

Comment here