AdvertorialDestinasiJournal

Berwisata Ke Destinasi Halal Terbaik Di Dunia

moslemjourney.com— Bulan April lalu, tepatnya pada Selasa (09/04/2019) Indonesia ditetapkan sebagai destinasi wisata halal terbaik di dunia. Nah, tahun ini Kemeterian Pariwisata juga memasukkan beberapa program dalam program destinasi halal tersebut. Ada Kota Tanjung Pinang, Kota Pekanbaru, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Cianjur. Kalau Kabupaten Bandung kamu bisa cek di sini! Penasaran dong, kira-kira wisata halal apa saja aja sih yang bisa kamu kunjungi? Cek ulasannya di bawah ya! 

  1. Kota Tanjung Pinang

Kota Tanjung atau Tanjung Pinang adalah ibu kota dari Provinsi Kepulauan Riau. Kota ini berada di Pulau Bintan dan beberapa pulau lainnya seperti di Pulau Dompak dan Penyengat.

Wilayah ini kerap kali berganti status mulai dari pusat pemerintahan Kesultanan Riau-Lingga, ibukota kabupaten Riau Kepulauan sebelum akhirnya benar-benar resmi secara administratif sebagai Ibu kota Kepulauan Riau.

Untuk wisatanya sendiri, kamu bisa datang ke  Bukit Panglong. Bukit sejauh 16 km dari Tanjung Pinang ini dulunya adalah tambang batuan granit hingga menyisakan sebuah kawah sedalam 50 meter yang lama-lama terisi oleh air. Yang anehnya, air itu terlihat sangat bersih dan jernih. 

Atau kamu bisa datang ke Masjid Raya Sultan yang terletak di Pulau Penyengat. Untuk bisa mengunjungi masjid ini, kamu bisa menaiki kapal pompong (kapal kayu bermesin) yang berada di dermaga di kawasan Kota Tua, Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. 

Jika melihat sekilas, masjid ini terlihat seperti masjid pada umumnya. Namun dibalik itu, bahan dasar yang dipakai tidak menggunakan semen. Melainkan dengan putih telur! Wah, menarik banget!

  1. Kota Pekanbaru

Kota Pekanbaru adalah kota terbesar di Provinsi Riau, Indonesia. Kota ini juga merupakan pusat ekonomi di Pulau Sumatra sekaligus kota dengan jumlah pertumbuhan, migrasi, dan urbanisasi tinggi. 

Biasanya kalau Sobat Mojou surfing, pasti di laut kan? Nah, di Kota Pekan Baru ini kalian bisa mencoba surfing di sungai. Kamu nggak salah dengar kok. Beneran di sungai. Nah, nama sungai itu adalah Sungai Kampar. 

Tempat sejauh 121 km dari Kota Pekan Baru ini memiliki sebuah fenomena alam ombak setinggi 5 meter dengan kecepatan 50 km/jam bernama ombak Bono. 

Ombak ini terjadi akibat benturan arus sungai yang menuju laut begitu pula sebaliknya ketika arus air sedang pasang. Pertemuan arus tersebut menghasilkan ombak Bono yang diminati para peselancar. 

Di sini juga terdapat istana Siak Sri Indrapura sekaligus rumah bagi Sultan Siak sejak tahun 1732. Istana ini dirancang oleh arsitektur asal Jerman. Makanya kamu akan melihat penampakannya yang mirip dengan kastil di Eropa. 

Istana yang berdiri di lahan seluas 32.000 meter persegi ini berjarak sejauh 96 km dari Kota Pekan Baru. Selain istana Siak Sri Indrapura terdapat istana lainnya yakni Istana Siak, Istana Lima, Istana Panjang, dan Istana Baroe.

Baca Juga : Kunjungan Kerja Ke Pekanbaru, MENPAR Anggap Serius Pemerintah Riau Kembangkan Pariwisata

  1. Kabupaten Cianjur

Kabupaten Cianjur adalah kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Sementara untuk ibu kotanya terletak di kecamatan Cianjur. Ada yang menarik di kabupaten ini, Sobat Mojou! Pasalnya, di sini banyak banget curug. 

Istilah ini mengacu dari orang Jawa yang berarti air terjun. Nah, salah satu curug yang menarik di sini adalah Curug Ngebul. Dinamakan seperti itu karena air yang jatuh seperti uap yang sedang mengebul. 

Curug sejauh 160 km dari Jakarta ini terletak di perbatasan antara Bandung – Cianjur. Tepatnya berada di Kampung Rawasoro, Desa Bunijaya, Kecamatan Pagelaran. 

Untuk datang ke sini usahakan pada pagi hari karena perjalanan ke sini lama banget! Jangan lupa untuk abadikan fotomu di balon karet yang sudah disediakan di sana ya!

Kamu juga bisa mengunjungi Masjid Agung Cianjur yang terletak begitu jauh dari alun – alun kota Cianjur. Masjid yang memiliki total luas 2.500m2 ini dapat menampung sekitar 4000 jemaah. 

Masjid ini juga unik banget Sobat Mojou karena memiliki bentuk atap prisma persegi empat bertingkat dengan tambahan kubah kecil di puncaknya. Beda banget dengan masjid pada umumnya yang memiliki atap kubah besar.

  1. Kabupatan Bandung Barat

Wilayah terakhir yang akan dibahas adalah Kabupaten Bandung Barat. Wilayah adalah hasil dari pemekaran dari Kabupaten Bandung. Makanya, kabupaten ini mewarisi sekitar 1.400.000 warga dari wilayah lama Bandung. 

Untuk wisatanya sendiri kebanyakan adalah wisata alam Sobat Mojou. Salah satu yang terkenal adalah Orchid Forest Bandung, yakni sebuah kawasan hutan lengkap dengan tempat-tempat yang bisa kamu coba.

Ada jembatan gantung dimana para wisatawan bisa berswafoto dan wooden bridge yang jika malam hari tiba terdapat lampu-lampu kecil yang menyala. Tempat ini terletak di Lembang tepatnya di Desa Cikole. 

Ada masjid yang menarik juga di sini, yaitu masjid Al-Irsyad dimana masjid ini berdiri tanpa adanya kubah seperti masjid pada umumnya. Masjid ini terletak di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat ini berdiri tahun 2009 yang dirancang oleh Ridwan Kamil. 

Didominasi oleh warna hitam, putih dan abu, di dalamnya terdapat 99 lampu yang memperlihatkan asmaul husna di setiap sisinya. 

Ini dia destinasi wisata di 4 wilayah yang masuk program destinasi terbaik di dunia tahun ini. Apakah ada Sobat Mojou ada yang pernah ke sini? Atau berasal dari sini? Jangan lupa share tanggapan kamu di kolom komentar ya! (ans)

Baca Juga : Ingin Traveling Ala Backpacker Ke Bandung? Yuk Ikuti Tips Berikut Ini

Comment here