ArtikelDestinasiJournal

Berkunjung ke 5 Masjid Tertua di China

moslemjourney – Nah sobat Mojou karena sebelumnya kita sudah membahas 5 restoran halal di Beijing,China , kali ini Mojou akan membahas 5 Masjid tertua di China. Jadi untuk kalian yang ingin pergi ke China, 5 masjid tertua ini wajib ada di list destinasi kalian ya. Dan berikut ulasannya :

  1. Masjid Qingjing

Masjid yang dikenal dengan nama Ashab ini dibangun pada tahun 1009 Masehi dan merupakan masjid tertua dengan arsitektur Arab. Masjid yang terletak di kota Quanzhou, Fujian, Tiongkok ini merupakan bukti yang menunjukkan hubungan persahabatan dan interaksi budaya antara rakyat China dengan rakyat di negara-negara Arab pada masa lampau serta keunggulan Jalur Sutra Laut yang bermarkas di Kota Quanzhou. Dan pada masjid ini pun menyediakan ruang pameran sejarah Islam di Quanzhou.

Alamat Lengkap : 108 Tumen St, Licheng Qu, Quanzhou Shi, Fujian Sheng, Tiongkok.

Baca Juga : 5 Destinasi Negara Turki yang Terkenal dan Wajib Dikunjungi

  1. Masjid Huaisheng

Masjid yang berada di kawasan Yuexiu, Guangdong ini sudah berusia lebih dari 1.500 tahun. Masjid ini dinamakan Huasheng (artinya mengingat sang bijak) karena untuk menghormati Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Masjid Huasheng merupakan tonggak penting dalam penyebaran Islam di wilayah China. Sahabat Nabi, Sa’ad bin Abi Waqqash, adalah orang yang membangun masjid ini pada tahun 742 M atau pada masa Dinasti Tang.

Alamat Lengkap : 56 Guangta Rd, Zhong Shan Liu Lu, Yuexiu Qu, Guangzhou Shi, Guangdong Sheng, Tiongkok.

  1. Masjid Nanguan

Masjid Nanguan merupakan salah satu masjid terbesar di Daerah Otonomi Ningxia Hui di Cina Utara. Bangunan ini terletak di Yinchuan Kota dan memiliki status tinggi di antara orang-orang Hui. Masjid Nanguan memiliki sejarah ratusan tahun yang lalu. Pada hari Jumat biasanya dilakukan festival tradisional Hui, ribuan umat Islam berkumpul di sini dan menghadiri kegiatan keagamaan.

Alamat Lengkap : –

Baca Juga :5 Restoran Halal di Beijing yang Wajib Kamu Coba

  1. Masjid Xiaotaoyuan

Masjid ini ada berada di tengah kota Shanghai, Cina. Sehingga sangat mudah ditemukan. Dibangun pada tahun 1971  oleh para jama’ah yang nama-nama donaturnya diabadikan dalam sebuah prasasti yang terukir indah di dinding masjid. Karena letaknya yang berada di pusat kota, masjid Xiaotaoyuan dilengkapi dengan taman yang cukup luas dengan pepohonan dan bunga yang rindang.

Alamat Lengkap : 52 Xiaotaoyuan St, Lao Xi Men, Huangpu Qu, Shanghai Shi, Tiongkok.

  1. Masjid Dongsi

Foto :Tripadvisor

Dibangun pada tahun 1447, Masjid Dongsi meruapakan salah satu masjid tertua di kota Beijing.  Dibangun oleh Cheng Yu, seorang panglima militer pada masa pemerintah dinasti Ming. Pada tahun 1450, oleh Kaisar Jingtai dari Dinasti Ming, masjid ini diberi nama masjid Qingzhensi (yang berarti kemurnian dan kebenaran). Namun hingga saat ini masjid ini lebih dikenal dengan masjid Dongsi.

Alamat Lengkap : 13 Dongsi S St, Dongcheng Qu, Beijing Shi, Tiongkok.

Sekarang kalian sudah tahu kan 5 masjid tertua di China. Jadi buat sobat Mojou yang sudah pernah berkunjung ke masjid-masjid yang ada di atas jangan lupa komen dibawah ya, ceritakan pengalaman kalian saat berkunjung ke masjid yang ada di atas. (ms)



Comment here