JournalTransportasi

Berbagai Manfaat Tol Laut Untuk Masyarakat Indonesia

Ilustrasi Tol Laut | Moslem Journey

Moslem JourneySaat ingin melewati hambatan atau memperpendek jarak jalan pastinya kalian akan melalui jalan berbayar atau jalan tol. Tapi tahukah kalian, kalau di Indonesia sejak tahun 2019 lalu bukan hanya daratan saja yang memiliki tol. Namun, perairan laut Indonesia juga memiliki lalu lintas untuk perahu pembawa logistik ke seluruh wilayah Indonesia.

Meskipun namanya tol, konsep tol laut berbeda dengan konsep yang dibuat untuk tol yang ada di daratan. Konsep yang dimiliki tol laut merupakan jalur pelayaran bebas hambatan yang hampir menghubungkan semua pelabuhan yang ada di Indonesia. Kapal yang dapat melalui tol laut, hanya kapal yang memiliki kapasitas dan volume sangat besar.

Selain dimanfaatkan sebagai jalur pelayaran yang bebas hambatan untuk mengantar logistik ke seluruh wilayah Indonesia, tol laut juga memiliki beberapa manfaat yang perlu kalian ketahui. Berikut ini manfaat tol laut untuk masyarakat Indonesia.

  1. Mewujudkan Nawacita Pertama Presiden

Presiden Republik Indonesia tahun 2014 – 2019 saat itu memiliki Sembilan harapan atau keinginan yang biasa dikenal dengan Nawacita. Salah satunya adalah dengan mewujudkan memperkuat jati diri sebagai maritim terbesar di dunia. Sehingga dengan adanya tol laut ini, diharapkan Indonesia menjadi kuat dengan jati diri yang dimiliki dalam bidang maritim.

  1. Meningkatkan Kesejahteraan Lapisan Masyarakat Indonesia

Dengan adanya tol laut, semua lapisan masyarakat Indonesia baik dari kalangan bawah hingga menegah mampu menjadi sejahtera. Hal tersebut disebabkan karena jalur dan harga distribusi sudah tidak semahal sebelum adanya program tol laut. Sehingga harga kebutuhan bahan pokok di seluruh wilayah Indonesia menjadi sama rata.

  1. Nelayan Indonesia Menjadi Lebih Mandiri Dan Kemandirian Meningkat

Beberapa pelabuhan yang dilalui tol laut memiliki fasilitas yang lebih baik dari pada sebelum adanya tol laut. Salah satu fasilitas yang ditingkatkan adalah fasilitas penampungan ikan yang digunakan untuk nelayan sebagai wadah ikan yang akan dijual. Penampungan tersebut lebih besar, sehingga nelayan mampu menjual ikan lebih banyak dan lebih baik.

  1. Membangun Infrastruktur dan Mengurangi Pengangguran

Jumlah penduduk Indonesia saat ini sekitar 270 jutaan dan sekitar 7 jutaan diantaranya adalah pengangguran. Dengan adanya program jalan tol laut, diharapkan akan meningkatkan infrastruktur di setiap wilayah Indonesia dan mampu mengurangi pengangguran.

Comment here