BeritaBerita Utama

Batik Air Jadi Maskapai Untuk Evakuasi WNI di Wuhan, Kenapa Bukan Garuda Indonesia?

Moslemjourney.com – Sebanyak 245 WNI dievakuasi dari Wuhan, Provinsi Hubei, China pada Sabtu, (1/2) lalu. Setibanya di Indonesia, para WNI tersebut akan diobservasi di Natuna, Kepulauan Riau untuk memastikan bahwa mereka terbebas dari virus korona.

Untuk mengevakuasi para WNI, maskapai Batik Air dipercaya oleh Kementerian Luar Negeri untuk mengevakuasi WNI dari Wuhan. Pesawat jenis Airbus A-330 itu juga distrerilisasi dan disemprot disinfektan agar tidak terpapar virus korona.

Tapi, kenapa pemerintah Indonesia tidak menggunakan maskapai Garuda Indonesia? padahal Garuda Indonesia merupakan perusahaan transportasi yang dibentuk pemerintah serta mendapatkan hak istimewa oleh pemerintah untuk beroperasi internasional atau disebut juga flag carrier. 

Mengutip dari Kumparan.com pada Selasa (4/2), Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjelaskan penggunaan Batik Air untuk evakuasi adalah saran dari pemerintah China. Sebab, selama ini Lion Air memiliki rute penerbangan Jakarta-Wuhan. Diketahui, Batik Air berada di bawah Lion Air Group.

“Untuk mempercepat proses evakuasi, otoritas setempat menyarankan menggunakan maskapai tersebut karena slot secara reguler sudah melayani jalur tersebut,” kata Retno, Sabtu (1/2).

Keputusan penggunaan maskapai Batik Air juga dikarenakan pesawat tersebut memiliki badan lebar yang muat untuk menampung sekitar 300 orang dan tidak perlu transit. Dengan begitu, dalam situasi yang darurat, pemerintah ingin mengutamakan kecepatan agar sesegera mungkin WNI bisa dievakuasi.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.Menurutnya, penunjukan Batik Air sebagai maskapai untuk mengevakuasi karena otoritas China mensyaratkan pelaksanaan evakuasi WNI harus maskapai yang memiliki izin penerbangan dari dan ke Wuhan.

“Yang memiliki izin rute adalah Lion Air dan Sriwijaya Air. Yang memiliki¬†wide body adalah Lion Air melalui Batik Air,” ungkap Budi.

RDA

Comments (1)

Comment here