ArtikelJournalTips

Baca 4 Tips Ini Sebelum Pergi Ke Raja Ampat

moslemjourney.com— Kepulauan Raja Ampat adalah salah satu wisata alam yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan. Tak hanya wisatawan dari Indonesia, bahkan sampai luar negeri. Terletak di Kabupaten Raja Ampat, terdapat banyak pulau yang mengelilinginya seperti Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta. Nah, kira – kira jika ingin pergi ke sana, harus mempersiapkan apa saja ya? Yuk simak ulasannya!

  1. Buat Rencana Liburan

Jika Sobat Mojou menyukai penginapan dengan fasilitas yang lengkap dan nyaman, kalian bisa mencoba menginap di Agusta Eco Resort dengan harga 4 juta per malam. Atau jika ingin penginapan yang murah, kalian bisa mencoba tinggal di homestay yaitu penginapan yang dikelola oleh masyarakat setempat. Dengan harga 300 – 350 ribu per malamnya, kalian sudah bisa menempati kamar itu.

Selain itu, untuk perjalanan ke sana kalian bisa menggunakan pesawat dengan kisaran harga 3 jutaan. Tentukan juga kemana kalian akan pergi, karena perjalanan menyeberang satu pulau ke pulau lain sangat mahal. Contoh, dari Pianemo ke Waisai saja harus merogoh kocek sebesar 8 jutaan.

  1. Membayar Uang Iuran

Ketika sampai di Raja Ampat, ternyata tetap ada iuran yang harus kita bayarkan. Nama iurannya adalah Tarif Layanan Pemeliharaan Lingkungan (TLPL). Untuk kita yang berasal dari Indonesia akan dipatok sebesar 500 ribu sementara bagi wisatawan asing harus membayar sebesar 1 juta rupiah. Jadi, jangan lupa siapkan budget untuk iuran ini juga ya!

Baca Juga : Fakta Menarik di Indonesia! No. 2 Udah Tahu Belum?

  1. Pergi Secara Berkelompok

Karena pergi dari satu pulau ke pulau lain sangat mahal, makanya penting banget untuk pergi secara berkelompok. Selain perjalanan akan semakin seru dan ramai, biaya yang dikeluarkan juga tak begitu mahal karena sudah otomatis terbagi dengan teman -temanmu. Kalian juga boleh lho, menawar sebelum menaiki perahunya. Daripada budget jadi berantakan hanya karena transportasi, padahal sebenarnya masih bisa diatasi.

  1. Bawa Baju Yang Menyerap Keringat

Karena berada di wilayah kepulauan, kalian akan lebih sering untuk berhadapan dengan matahari. Makanya penting banget untuk membawa pakaian – pakaian yang mudah untuk menyerap pakaian. Kalau kalian mau snorkeling, kalian juga bisa membawa baju renang kalian sendiri. Jangan lupa untuk membawa sunblock ya, Sobat Mojou. Supaya kulitnya terlindung dari sinar UV dan nggak belang sesampainya di rumah. 

Ini dia ulasan mengenai tips – tips sebelum liburan di Raja Ampat. Budgetnya memang banyak banget, Sobat Mojou. Tapi kita juga bisa kok meminimalisir budget dengan melakukan seperti beberapa poin di atas. Apakah Sobat Mojou sudah ada yang pergi ke Raja Ampat? Yuk share pengalaman kamu di kolom komentar ya! (ans)

Baca Juga : Tips Pergi Ke Pantai, Sudah Dilakukan Semua Belum?

Comment here