BeritaInternasional

Australia Tawarkan Perpanjagan Visa Lima Tahun/Permanen Serta Perlindungan Untuk Warga Hong Kong

Australia

Moslem Journey – Negara Australia izinkan warga Hong Kong yang tiggal di negara tersebut untuk tetap tiggal, apabila merasa tercancam dengan Undang-Undang Keamanan Nasioanal yang akhir-akhir ini disahkan oleh China ketika kembali ke kampung halaman.

Dilansir dari CNN Idonesia, izin tersebut dikeluarkan oleh Perdana Menteri Australia Scott Morrison pada Kamis (9/7) kemarin. Menurut Morrison, terdapat lebih dari 100 ribu warga Hong Kong berada di Australia yang terdiri dari warga tetap (permanent resident), pekerja sementara, serta para pelajar/mahasiswa.

Dalam jumpa persnya yang dilakukan di kota Canberra, Australia pada Kamis (9/7), Morrison mengatakan akan memberikan izin warga Hong Kong untuk tetap tinggal di Australia selama lima tahun ke depan, perpajangan tersebut terlepas dari tanggal kedaluwarsa visa yag mereka miliki.

“Jika anda (warga Hog Kong) seorang pemegang visa sementara, visa anda akan diperpanjang hingga lima tahun mulai hari ini, sebagai tambahan masa tinggal Anda di Australia dan peluang mendapat izin tinggal permanen pada akhir periode tersebut,” kata Morrison yang dilansir dari CNN Idonesia, Jumat (10/7)

Bagi warga Hong Kong pemegang visa pekerja sementara, Australia juga akan memberikan visa selama lima tahun dan berpeluang diberikan izin untuk tinggal secara permanen apabila dapat memenuhi syarat, berupa memperbaharui daftar keterampilan.

Sebelumnya, Morrison menyatakan pemerintahannya mempertimbangkan untuk menyediakan tempat perlidungan untuk penduduk Hong Kong yang merasa terancam dengan Undang-Undang Keamanan Nasional yang baru saja disahkan oleh China.

Berdasarkan informasi yang beredar di internet, Undang-Undang Keamanan Nasional tersebut dapat memberikan kewenangan lebih kepada negara China untuk mencampuri urusan Hong Kong da dinilai sejumlah pengkritik memperluas kontrol Beijing terhadap kebebasan wilayah otonomi Hong Kong.

Selain itu, Undang-Undang Keamanan Nasional juga mengizinkan China untuk ikut campur dalam proses hukum Hong Kong, terutama yang dinilai mengancam keamanan nasional negara tirai bambu tersebut. Dengan adanya undang-udang tersebut, China dapat mengatur berbagai hukum yang dimiliki Hong Kong.

Comment here