ArtikelJournalTransportasi

Ragam Transportasi di Arab Saudi, Sudah Tahu Belum?

Moslemjourney.com – Transportasi merupakan bagian vital yang dibutuhkan masyarakat termasuk saat travelling. Ketika ingin pergi ke luar negeri, mencari Informasi transportasi menjadi agenda penting yang harus Sobat Mojou lakukan. Berkunjung ke Kerajaan Arab Saudi memiliki transportasi modern dengan jaringan yang jumlahnya mencapai dari 171 ribu kilometer.

Jaringan itu menghubungkan kota dan wilayah-wilayah pegunungan, termasuk terowongan yang dibekali dengan peralatan modern di kota-kota haji, yaitu Makkah dan Madinah serta tempat-tempat suci yang lainnya. Di bawah ini transportasi di Arab Saudi.
Foto: SAPTCO.com

1. SAPTCO (Saudi Public Transport Company)

Transportasi bus darat yang beroperasi secara terbatas di dalam kota dan antar kota termasuk kota di negara tetangga. Jaringan antar kota dihubungkan dengan jalan tol secara gratis. Ada sekitar 2.000 bus yang disediakan oleh SAPTCO. Transportasi bus ini masih dimonopoli negara yaitu perusahaan SAPTCO. Sementara jika terdapat private company, hanya diperuntukkan untuk jasa penyewaan saja, seperti di Arab Saudi (by SAPTCO), Uni Emirat Arab (by RTA) dan Qatar (by KARWA).

Bus SAPTCO membawa setiap lebih dari 3 juta penumpang dalam kota-kota besar seperti Riyadh, Jeddah, Dammam, Madinah dan Mekah, dan ke kota-kota dan kota-kota di seluruh negara. SAPTCO menyediakan banyak layanan bagi masyarakat, yaitu :

  • Layanan untuk rute intracity
  • Layanan untuk rute intercity
  • Layanan untuk rute internasional
  • Layanan penyewaan
  • Layanan bus VIP
  • Layanan haji dan umroh
sukita.id

2. Kereta (Saudi Railways Organization)

Selain transportasi bus darat, di Arab Saudi terdapat kereta dengan 3 macam kelas, yaitu Al- Rihab (yang paling mewah), Al-Taleaa (terbaik kedua), Al-Qafela (kelas biasa dengan harga murah 10 riyal hingga termahal 130 riyal. Untuk pelajar dan penyandang cacat akan dapat potongan harga.

Baca juga: Kini, Liburan ke Hongkong Lebih Hemat dengan Tips Ini

pinterest

3. TAXI

Terdapat beberapa perusahaan taxi di Arab Saudi, seperti Dhahran Taxi, Jedddah Taxi, Medina Taxi, dan Riyadh Taxi. di Arab Saudi tidak ada argo atau penetuan tarif taxi, maka kamu bisa lakukan tawar-menawar dengan supir taxi.

4. Pesawat terbang

Transportasi udara di Arab Saudi yang bernama Saudi Arabian Airline (SAA) memiliki sekitar 140 armada pesawat dengan penerbangan ke kota di Arab Saudi dan seluruh dunia. SAA memberikan pelayanan dalamĀ  kelas, yaitu kelas ekonomi, kelas tamu dan kelas eksekutif.

Demikian ulasan apa saja transportasi yang ada di Arab Saudi. Bagi Sobat Mojou yang sudah pernah menggunakan transportasi di atas. Yuk! komentar untuk berbagi pengalaman dan bagikan informasi ini untuk saling memberikan pengetahuan. Semoga bermanfaat!(cm)

0

Comment here