BeritaNasional

Antisipasi Virus Korona, Turis Asing Wajib Tunjukkan Health Alert Card

sumber foto: tirto.id

Moslemjourney.com – Pemerintah Indonesia tengah melarang kedatangan turis asal Tiongkok sebagai upaya mengantisipasi penyebaran virus korona baru atau 2019-nCoV.

Mengutip Indozone.id pada Selasa (4/2), selain melarang kedatangan turis asal Tiongkok, larangan juga berlaku kepada turis asing yang pernah mengunjungi atau menetap di Tiongkok selama 14 hari terakhir.

Tidak sampai di situ, terhitung Rabu, 5 Februari 2020 esok penerbangan dari dan menuju tiongkok juga akan diberhentikan sementara.

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan RI dr. Anung Sugihantono, M. Kes menjelaskan alasan mengenai pemberhentian sementara penerbangan.

Ia menjelaskan pemberhentian penerbangan baru akan dilaksanakan pada Rabu (5/2) karena pemerintah memberikan kesempatan bagi maskapai khususnya milik Indonesia untuk kembali dalam keadaan yang baik.

“Ibu Menteri Luar Negeri (Retno Marsudi) juga menyampaikan, beberapa komponen keluarga diplomat sudah mulai kembali,” kata Anung dalam konferensi pers di Gedung Kementerian Kesehatan pada Senin (3/2).

Anung mengatakan, pemerintah juga tengah memantau para turis yang berasal negara-negara seperti dari Singapura, Malaysia, Thailand dan Vietnam.

“Kami sudah sampaikan hal ini kepada imigrasi. Langkah ini sebagai bentuk kewaspadaan terhadap penyebaran virus korona,” ujar Anung.

Sebagai aksi nyata pencegahan virus korona, pemerintah Indonesia memiliki kebijakan kepada turis-turis dari negara tersebut untuk menunjukan health alert card. Pada dasarnya, kartu tersebut memiliki dua fungsi dari sisi pemerintah dan sisi pendatang.

“Adanya health alert card, pemerintah jadi bisa mengetahui alamat turis. Jadi apabila ada sesuatu, kami bisa melakukan pelacakan dalam konteks meminimalisir dampak virus korona,” papar Anung.

Sementara itu, Anung juga menjelaskan dari sisi pendatang, penunjukkan health alert card adalah bentuk tanggung jawab. Dengan kata lain, apabila turis tersebut merasakan sesuatu, ia harus melakukan pengobatan atau pemeriksaan kesehatan di tempat yang telah ditentukan.

RDA

Comment here